detikhealth

Belum Berusia Satu Tahun Bayi Asri Welas Dioperasi Katarak, Tepatkah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 10:35 WIB
Belum Berusia Satu Tahun Bayi Asri Welas Dioperasi Katarak, Tepatkah?Anak Asri Welas, Ibran, terdiagnosa katarak setelah terlihat bintik putih mencurigakan di matanya. (Foto: Dokumen Pribadi asri_welas)
Jakarta, Bayi Asri Welas, Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran sudah melakukan operasi katarak. Kini, anak yang baru berusia lima bulan itu mulai bisa melihat dengan menggunakan kacamata. Namun mengingat usianya yang belum genap satu tahun, tepatkah langsung dilakukan tindakan operasi itu?

"Pada umumnya, semakin muda usia anak, semakin besar urgensi untuk menghilangkan kataraknya, karena bila semakin lama tidak ditangani kataraknya dapat semakin parah risiko amblyopia. Dan dapat menyebabkan kebutaan yang ireversibel," ujar dokter spesialis mata dari RS Universitas Brawijaya, Malang, dr Yasmin Sani A, SpM kepada detikHealth.

Pada kasus Asri Welas, anak usia lima bulannya yang langsung dioperasi katarak menurut dr Yasmin sudah sesuai. Karena semakin muda usia bayi dihilangkan kataraknya semakin baik prognosis atau perbaikan tajam penglihatannya.

Baca juga: Mengenal Gejala Katarak pada Bayi yang Dialami Anak Asri Welas

"Mata bayi yang sudah dioperasi tersebut menjadi semakin dini mendapat rangsang cahaya dan lain-lain untuk stimulasi penglihatannya berkembang," kata dr Yasmin.

Setelah katarak dihilangkan, imbuh dr Yasmin, maka perlu diberi alat bantu atau optical device correction antara lain kacamata afakia seperti yang digunakan oleh Ibran saat ini maupun lensa tanam.

"Pemilihan alat bantu ini ditentukan berdasar lateralitas (1 atau 2 mata yang terkena) dan juga usia pasien. Kacamata plus 16 itu sudah sesuai (kacamata afakia)," terang dokter yang juga praktik di SMEC RS Ben Mari, Malang ini.

Menurut dr Yasmin, keberhasilan terapi atau visual outcome dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain usia pasien, tipe katarak, timing of surgery, dan terapi amblyopia.

Baca juga: Selain Infeksi Saat Kehamilan, Katarak Seperti Bayi Asri Welas Bisa Disebabkan Hal Ini(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit