detikhealth

Apa Sih Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 26/09/2017 14:17 WIB
Apa Sih Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan?Perbedaan infeksi saluran kemih dengan anyang-anyangan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Anyang-anyangan atau keinginan untuk buang air kecil yang muncul secara terus menerus sering diakitkan sebagai gejala infeksi saluran kemih. Pasalnya menurut dokter, anyang-anyangan dengan infeksi saluran kemih seperti dua sisi mata uang logam.

"Jadi kalau infeksi saluran kemih pasti punya anyang-anyangan. Terus kalau anyang-anyangan nggak selalu infeksi saluran kemih," kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Jangan Dianggap Remeh, Ini Tandanya Infeksi Saluran Kencing

dr Akbari, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa jika anyang-anyangan disertai rasa nyeri saat kencing maka hampir pasti itu merupakan infeksi saluran kemih. Sebaliknya, jika anyang-anyangan tanpa disertai rasa nyeri kemungkinan itu bukan infeksi saluran kemih.

Apa Sih Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan?Foto: 20detik


"Nah untuk membuktikannya diperiksakan urine-nya di laboratorium dan pemeriksaan minimal ultrasound," ucap dr Akbari.

Menurutnya, anyang-anyangan tanpa disertai nyeri bisa jadi karena adanya gangguan kontraksi berkemih pada otot polos kandung kemih, sehingga untuk membuktikannya perlu analisis urine pada laboratorium dan Ultrasonography (USG).

Baca juga: Perhatikan, Ini Tandanya Anyang-anyangan Akibat Infeksi Saluran Kemih

Penjelasan dr Akbari soal infeksi saluran kemih bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini:



(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit