detikhealth

Artikel 18+

Cerita Viral Dokter Indonesia Temukan Tutup Deodoran di Miss V

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 04/10/2017 14:35 WIB
Cerita Viral Dokter Indonesia Temukan Tutup Deodoran di Miss VAda banyak alasan mengapa orang-orang sengaja memasukkan benda asing ke vaginanya. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Kisah seorang dokter kandungan Indonesia yang sedang mengikuti program fellowship di Afrika viral di facebook. Pasalnya ia menemukan kasus menarik di mana ada seorang pasien wanita yang mengeluh mengalami pendarahan vagina dan setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah tutup botol deodoran.

Akun facebook bernama Dr.Kartika Hapsari Sp.OG menulis awalnya ia dipanggil untuk menemui seorang pasien wanita muda berusia 21 tahun yang sudah hamil 12 minggu. Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa sang pasien keguguran dan USG menunjukkan ada benda asing di daerah belakang uterus.

Baca juga: Bahaya di Balik Pengunaan Kondom-kondom Alternatif

Pasien juga diketahui memiliki fistula atau lubang yang menghubungkan dua ruangan yang seharusnya tidak berhubungan. Saluran anus dan vagina pasien terhubung sehingga dr Kartika bisa melihat jelas feses keluar dari vaginanya.

"Setelah selesai memeriksa dengan spekulum, berlanjutlah dengan RVT. Jreeeng, jariku meraba sesuatu yang aneh seperti barang keras teraba tepat di atas fistulanya yang cukup besar sekitar 2 sentimeter (cm). Terasa sekali benda ini berada di cavum douglas dan mungkin inilah penyebab terjadinya fistula tinggi," tulis dr Kartika.

"Engga habis pikir saya, benda apa ini? Dan kok bisa ada disini? Sangat jelas ini bukan tumor," lanjutnya.

Ketika ditanya apakah ia memasukkan sesuatu ke vagina sang pasien tidak menjawab. Akhirnya setelah berkonsultasi dengan dokter senior dilakukanlah prosedur pengangkatan.

dr Kartika mengaku masih sempat bingung ketika melihat objek bundar keluar dari vagina pasien. Akhirnya dokter senior menjelaskan bahwa objek tersebut adalah tutup botol deodoran yang bagi orang-orang minim pendidikan sering dipakai sebagai alternatif mainan seks atau untuk alat kontrasepsi.

Pada kasus sang pasien ia termasuk beruntung karena tutup botol deodoran itu bisa diangkat tanpa komplikasi lanjutan yang lebih serius. Bisa saja apa yang dilakukannya menyebabkan infeksi parah dan seluruh organ reproduksi harus diangkat.

"Whaaaaaaaaat? Really? Tutup botol deodoran?? Itu tutup gede banget kita ukur bener-bener 5 cm panjang dan lebar 4 cm. Africa, please stop make me 'GUMUN'," pungkas dr Kartika.

Sejak artikel ini dimuat, unggahan dr Kartika telah dibagikan oleh lebih dari 1.200 pengguna facebook dan mengundang lebih dari 16 ribu reaksi.

Postingan dr Kartika menunjukkan tutup botol deodoran yang baru diangkat dari vagina pasien.Postingan dr Kartika menunjukkan tutup botol deodoran yang baru diangkat dari vagina pasien. Foto: Facebook/Dr.Kartika Hapsari Sp.OG


Baca juga: 6 Benda Aneh yang Pernah Terjebak di Miss V(fds/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit