detikhealth

Wajib Perhatikan Hal Ini Agar Telinga Tak Budek

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 16:09 WIB
Wajib Perhatikan Hal Ini Agar Telinga Tak BudekPerhatikan hal ini agar telinga tidak mengalami penurunan pendengaran atau budek/Foto: thinkstock
Jakarta, Seperti halnya bagian tubuh lain, menjaga kesehatan telinga juga tak kalah penting untuk mencegah kerusakan pada alat dengar ini. Sebab kehilangan pendengaran tentu membuat seseorang merasa malu, ketika lawan bicara harus mengulang-ulang perkataan.

Dikatakan oleh dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan dari RS Permata Depok, semua orang baik laki-laki maupun perempuan, semakin bertambah usia maka semakin menurun pula fungsi pendengaran.

"Itu sesuatu yang alami. Kita tidak bisa menghentikan itu. Tapi paling tidak mempercepat penurunan itu," ujar wanita berhijab itu.

Penurunan fungsi pendengaran juga berkaitan dengan profesi. Pekerjaan yang sering terpapar suara bising atau dikenal dengan trauma bising juga berisiko mengganggu pendengaran. Oleh karenanya agar tidak kontak secara terus menerus tentu wajib menggunakan alat pelindung.

Baca juga: Bisakah Gangguan Pendengaran Disembuhkan?

"Kan di dalam telinga itu punya rambut-rambut kecil. Rambut-rambut tersebut fungsi meneruskan suara ke otak, supaya otak bisa membaca ini suara apa. Nah rambut-rambut ini pada frekuensi tinggi dan terpapar terus bisa rusak. Nah itu yang membuat pendengaran kita turun," jelas dr Linda.

Selain terpaparnya suara bising, penggunaan earphone seharian juga berkontribusi pada penurunan fungsi pendengaran. Maka itu batasi penggunaan earphone hanya satu jam tiap harinya dengan frekuensi suara tidak lebih dari 60 persen.

"Kalau anak muda sekarang suka pakai headset ya pakainya dibatasi. Sehari ya sejam saja. Itu pun dengan frekuensi enggak sampai lebih dari 60 persen volumenya. Karena permanen kan sifatnya kalau pendengaran sudah turun," saran dr Linda.

Baca juga: Fungsi Pendengaran Menurun? Cari Tahu Dulu Kemungkinan Penyebabnya(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit