detikhealth

3 Manfaat Lebih Pria Tumbuhkan Rambut Wajah

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 01/11/2017 19:07 WIB
3 Manfaat Lebih Pria Tumbuhkan Rambut WajahMemiliki rambut di wajah memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Foto: Getty Images
Jakarta, Bulan November oleh sebagian orang dirayakan sebagai bulan garakan 'No Shave November' untuk pria tetap memelihara rambut wajahnya. Gerakan tersebut mendorong pria untuk berani membiarkan rambut wajahnya, seperti kumis dan janggut, tetap tumbuh.

Tapi apa manfaatnya memelihara rambut wajah, yang sering kali dianggap mengganggu penampilan, ini? Sejumlah studi ilmiah telah menganalisis manfaatnya dalam berikut ini, seperti dilansir dari Thehealthsite, Rabu (1/11/2017).

1. Minimalkan risiko kanker kulit

Kanker kulit umumnya diakibatkan seringnya paparan langsung sinar ultraviolet matahari ke kulit. Selain meningkatkan gaya quotient, rambut wajah juga berfungsi seperti penghalang yang melindungi kulit dari sinar ini dan meminimalkan efek radiasi berbahaya.

Sebuah penelitian di tahun 2011 telah membuktikan efek janggut sebagai penghalang kulit. Menutupi 90 sampai 95 persen kulit wajah, jenggot dan kumis dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit, lebih baik daripada kebanyakan tabir surya yang disarankan.

Baca juga: 5 Manfaat Memelihara Jenggot untuk Kesehatan Kulit Wajah Pria

2. Tingkatkan daya tarik seks

Ciri khas kemaskulinan pria seperti bahu lebar, garis rahang, dan otot menonjol selalu membuat wanita tergila-gila. Tapi satu yang dilupakan adalah rambut wajah.

Studi menunjukkan bahwa wanita mencari pria dengan rambut wajah daripada pria yang jenggot atau kumisnya dicukur bersih. Wanita melihat fitur pada pria ini sebagai penarik mereka menentukan pasangan potensial untuk hubungan jangka panjang.

3. Membangkitkan kepercayaan diri

Pria dengan rambut wajah yang dibiarkan tumbuh juga memberikan beberapa manfaat profesional. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Marketing Communications menunjukkan bahwa pria berjanggut lebih mudah dipercaya daripada rekan mereka yang dicukur bersih.

Jenggot yang bagus meningkatkan kredibilitas dalam hal mengajak klien dan ditemukan lebih mudah menginspirasi pelanggan untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Pria Punya Kumis, Apa Untungnya Sih?(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close