detikhealth

Perayaan Kimchi di Google Doodle, Ini Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 22/11/2017 14:15 WIB
Perayaan Kimchi di Google Doodle, Ini Manfaat Kimchi Bagi KesehatanKimchi day di Korea, ini manfaatnya bagi kesehatan tubuh/Foto: iStock
Jakarta, Pada hari ini, 22 November 2017, tampilan halaman muka Google membentuk doodle yang dihiasi oleh berbagai macam sayuran dan bumbu bahan masakan. Rupanya Google sedang memperingati Kimchi Day di Korea. Tak hanya populer di Korea, Kimchi pun kini populer di mana-mana.

Makanan tradisional yang dimakan dengan sumpit ini biasanya terbuat dari kol, sawi, lobak yang dibumbui campuran bawang putih, garam, cuka, bubuk cabai dan bahan-bahan lainnya. Seperti dikutip dari lifehack.org, selain nikmat disantap, kimchi ternyata bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:

Baca juga: Aneka Manfaat Sehat Makan Sayur: Bikin Langsing Sampai Awet Muda

1. Mengandung bakteri baik dan probiotik bagus untuk kesehatan tubuh

Sama seperti yogurt, kimchi yang dibuat melalui proses fermentasi pun mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacilli yang membantu proses percernaan tubuh. Selain itu probiotik pada kimchi pun juga mampu melawan infeksi sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kimchi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga kadar kolesterol tinggi dalam darah. Hal ini karena bawang putih yang ditemukan di kimchi mengandung allicin dan selenium, kedua zat ini memiliki fungsi sebagai pengontrol kolesterol tubuh dan mencegah penyumbatan lemak pada dinding pembuluh darah. Kemungkinan berisiko rendah terkena stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Membantu menjernihkan penglihatan

Selain vitamin C, kimchi juga mengandung vitamin A yang tinggi. Dalam setiap 100 gram porsi kimchi mengandung 18 persen kebutuhan vitamin A harian. Karena itu, jika mengonsumsi kimchi secara rutin, masalah penglihatan akan teratasi, dan mendapatkan penglihatan yang jerni dan sehat.

4. Menghasilkan kulit bercahaya dan rambut mengkilap

Bawang putih pada kimchi memiliki kandungan selenium yang mampu membuat kulit dan rambut tetap sehat. Selain itu, selenium juga mampu menyusun vitamin C dalam tubuh sekaligus mempertahankannya di dalam tubuh sehingga berguna untuk kecantikan, mendapatkan kulit yang berseri dan sekaligus rambut yang berkilau.

5. Mencegah kanker perut

Profesor Miri Kim dari Departemen Nutrisi Makanan di Universitas Nasional Chungnam menemukan bahwa kubis dan lobak China yang ditemukan dalam kimchi mengandung bahan kimia bio seperti isosianat dan sulfida yang membantu mendetoksifikasi logam berat yang ditemukan di liver, usus halus dan ginjal. Bio-kimia ini, terutama isosianat, dipelajari untuk dapat mencegah kanker perut juga.

6. Memperlambat proses penuaan

Proses fermentasi kimchi yang dilakukan selama dua minggu membuat kimchi kaya akan antioksidan. Nah, antioksidan inilah yang menurunkan tingkat penuaan kulit. Ini juga membantu menghambat oksidasi sel kulit sehingga kulit tampak rileks dan segar meski mengalami banyak tekanan atau sedang stres.

7. Membantu menurunkan berat badan

Capsaicin yang ditemukan dalam masakan Korea ini meningkatkan metabolisme dalam dan memanfaatkan sisa-sisa energi yang dihasilkan karbohidrat sehingga membantu mengurangi berat badan. Selain itu, setiap 150 gram kimchi hanya mengandung 40 kalori.

8. Mencegah terjadinya tukak lambung

Kimchi membantu mencegah terjadinya ulkus peptik atau luka pada lapisan mukosa duodenum atau lambung yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, bakteri jahat yang ditemukan di perut. Nah, kandungan leuconostoc mensenteroides yang menghasilkan dextrin pada kimchi inilah mampu menghentikan pertumbuhan bakteri jahat tersebut.

9. Meningkatkan imunitas

Profesor Rina Yu dari Departemen Makanan dan Gizi di Universitas Ulsan menemukan bahwa kimchi dapat membuat sel kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dan meningkatkan antibodi.

Baca juga: Ini Pentingnya Rajin Makan Sayur dan Buah Sejak Dini(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit