detikhealth

Pangkas Berat Badan, Remaja Ini Kolaps karena Dehidrasi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 22/11/2017 19:00 WIB
Pangkas Berat Badan, Remaja Ini Kolaps karena DehidrasiDehidrasi jangan disepelekan karena bisa berujung fatal. Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Jessica Lindsay (18) tewas hanya sehari sebelum berlaga di sebuah turnamen amatir. Ia mengalami dehidrasi saat berlari, lalu meninggal setelah dirawat selama 4 hari di Perth.

Sebuah laporan di nine news menyebut, Jessica sedang dalam proses menurunkan berat badan menjadi 64 kg. Namun dikhawatirkan, ini berhubungan juga dengan intensitas latihannya yang tinggi.

"Ada point of no return, ini sangat ekstrem dan lebih dari dehidrasi. Ini yang sering kita sebut kelelahan atau heat shock," kata dr Joe Kosterich, dikutip dari The Sun.

Baca juga: 10 Tanda Dehidrasi yang Wajib Diwaspadai

Dikutip dari WebMD, dehidrasi rawan menyerang saat melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Cuaca yang panas dan lembab kadang membuat tubuh tidak efektif mendinginkan diri karena keringat susah keluar. Suhu tubuh meningkat dan karenanya butuh cairan lebih banyak.

Gejala yang muncul dalam kondisi dehidrasi sangat beragam tergantung tingkat keparahan. Mulai dari rasa haus, mulut kering, kram otot, berdeber-debar, hingga pingsan.

Baca juga: Tanda-tanda Dehidrasi di Ruangan Ber-AC

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close