detikhealth

Artikel 18+

Bukannya Berkurang, Para Pria Makin Sering Bercinta Pasca Vasektomi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 24/11/2017 18:40 WIB
Bukannya Berkurang, Para Pria Makin Sering Bercinta Pasca VasektomiVasektomi kerap menjadi momok bagi para pria, tetapi faktanya prosedur ini justru meningkatkan frekuensi bercinta bagi mereka yang melakoninya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Beberapa waktu lalu musisi yang juga anggota DPR RI, Anang Hermansyah mengutarakan niatnya untuk vasektomi. Namun ketika rencana itu disinggung lagi baru-baru ini, Anang justru mengurungkannya karena masih ingin punya menambah keturunan.

Umumnya banyak pria yang ketakutan saat ditawari untuk melakukan vasektomi karena khawatir mempengaruhi kemampuan seksnya. Lantas apakah ini benar-benar terjadi?

Sebuah penelitian yang dilakukan Frankfurt University pun mencoba untuk menguak jawabannya dengan mengamati 294 pasangan. Menariknya, 12,4 persen responden pria mengaku makin sering bercinta pasca prosedur ini dilakukan.

Bahkan 1 dari 10 pria mengaku kehidupan seksnya 'membaik secara signifikan' semenjak menjalani vasektomi. Sebaliknya, hanya 4,5 persen pria yang mengaku frekuensi bercintanya menjadi berkurang.

Hal ini juga dirasakan oleh pasangan mereka. Para wanita yang pasangannya divasektomi rata-rata berpendapat pasangan mereka memiliki gairah seks yang lebih tinggi, ereksi yang tahan lama, orgasme yang lebih kuat, sehingga kepuasan seks mereka menjadi lebih tinggi.

Peneliti menduga ini karena prosedur tersebut menghilangkan kekhawatiran para pria akan 'kehamilan yang tak diinginkan'. Dengan begitu mereka menjadi lebih rileks. Demikian seperti dikutip dari Men's Health, Jumat (24/11/2017).

Baca juga: Vasektomi Lebih Mudah dari Sunat, Jadi Pria Tak Perlu Takut

Studi sebelumnya yang dilakukan Stanford University juga menemukan hal serupa. Pria yang menjalani vasektomi bercinta rata-rata 5,9 kali dalam sebulan, dibandingkan dengan pria yang tidak divasektomi yang frekuensinya hanya 4,9 kali dalam kurun yang sama.

Dua minggu selepas vasektomi, para pria sudah bisa berhubungan seks lagi. Namun kekhawatiran akan kehamilan yang tidak diinginkan akan sirna karena walaupun sperma masih diproduksi, tetapi mereka tidak berjalan ke uretra dan tidak dikeluarkan saat ejakulasi.

"Anda masih bisa ejakulasi dengan mani yang terdiri dari cairan dari prostat dan vesikula seminalis seperti biasanya, hanya saja tanpa sperma. Volume ejakulasi pun tidak ada perbedaannya," kata David Guo, MD, peneliti dari Stanford University.

Baca juga: Tak Sampai Berdarah-darah, Vasektomi Cuma Butuh 3 Menit(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit