detikhealth

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Kamu Makan Lebih Banyak

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 08/12/2017 16:04 WIB
5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Kamu Makan Lebih BanyakSalah satu penyebab gagalnya program diet menurunkan berat badan adalah kebiasaan yang membuat nafsu makan meningkat tanpa sadar. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Sudah fokus diet namun berat badan belum turun sesuai target? Hati-hati bisa jadi kebiasaan kamu penyebabnya.

Salah satu penyebab gagalnya program diet adalah kebiasaan yang membuat nafsu makan meningkat tanpa sadar. Apa saja? Simak di sini beberapa contohnya.

Baca juga: Makan Kuning Telur Bikin Gemuk dan Kolesterol Naik? Ini Kata Ahli Gizi

1. Makan sambil nonton TV

Makan sambil menonton televisi membuat kamu tidak fokus terhadap makanan yang dimakan. Akibatnya, otak kesulitan menangkap sinyal kenyang dari perut, karena juga harus mengolah informasi yang didapat ketika menonton tv.

2. Makan buru-buru

Makan terburu-buru dan terlalu cepat membuat porsi yang disantap tanpa sadar lebih banyak. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk bisa merasakan kenyang ketika makan.

Makan terburu-buru bisa bikin otak tak menangkap sinyal kenyangMakan terburu-buru bisa bikin otak tak menangkap sinyal kenyang Foto: thinkstock

3. Tidak sarapan

Tidak sarapan dengan dalih mengurangi porsi makan justru membuat nafsu makan meningkat saat makan siang dan makan malam. Pakar mengatakan diet terbaik adalah yang tidak melewatkan jam makan, baik itu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

4. Sering begadang

Sering begadang dan bangun siang membuat jam kerja tubuh menjadi kacau dan membuat bagian otak yang mengatur rasa kenyang mengalami gangguan. Akibatnya, kamu lebih mudah merasa lapar dan makan lebih banyak.

5. Kurang minum

Kurang minum air putih bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi, dan memunculkan rasa lapar palsu. Ketika sedang diet, pastikan asupan air minum kamu cukup atau setara dengan 2 liter per hari ya.

Baca juga: Susah Menurunkan Berat Badan? Mungkin karena Faktor Genetik (mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close