detikhealth

Peneliti Ungkap Alasan Ngemil Buah Ceri Bisa Turunkan Bobot

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 27/12/2017 09:40 WIB
Peneliti Ungkap Alasan Ngemil Buah Ceri Bisa Turunkan BobotBuah ceri diketahui mengandung anthocyanin yang dapat membantu menguruskan badan. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Buah ceri dikenal sebagai camilan sehat yang lazim dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan. Nah, peneliti Australia mengungkap enzim dibalik manfaat tersebut.

Melanie Blackhall dari University of Tasmania melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa komponen anthocyanin yang terkandung dalam buah ceri benar-benar bisa menurunkan berat badan. Penelitian pada mencit menyebut konsumsi ceri selama 6 minggu bisa menurunkan bobotnya hingga 19 persen.

Baca juga: Mau Jauh-jauh dari Penyakit Jantung dan Diabetes? Minum Jus Cranberry

"Kita tahu bahwa obesitas mengakibatkan peradangan pada tubuh. Anthocyanin mencegah peradangan terjadi, hal inilah yang menjadikan buah ceri dapat mencegah seseorang mengalami kegemukan bahkan menurunkan bobot," tutur Blackhall, dikutip dari ABC Australia.

Penelitian pada mencit belum bisa menunjukkan berapa dosis anthocyanin yang bermanfaat untuk turunkan bobot. Ke depannya, Blackhall berharap ekstrak anthocyanin bisa dibuat agar manfaatnya lebih maksimal.

"Ceri banyak dikonsumsi saat musim dingin, namun setelah itu tidak lagi dilirik masyarakat. Jika kita bisa membuat ekstrak buah ceri yang mengandung anthocyanin, maka manfaatnya untuk menurunkan bobot akan lebih besar," tuturnya.

Sebelumnya, studi baru yang dipublikasikan dalam American Journal of Therapeutics menyebut buah ceri juga bermanfaat bagi pengidap insomnia. Minum jus ceri bisa memperpanjang periode tidur rata-rata satu jam dan 24 menit setiap malam.

Hal ini dikarenakan konsumsi buah ceri bisa mengurangi kadar kynurenin di dalam darah, yang terkait dengan gangguan tidur.

Baca juga: Studi: Konsumsi Jus Ceri Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close