detikhealth

Tips Sehat Akhir Tahun

Ngemil Sehat Saat Begadang di Malam Tahun Baru

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 31/12/2017 19:15 WIB
Ngemil Sehat Saat Begadang di Malam Tahun BaruBegadang malam tahun baru? Ingat cemilan sehat ya. Foto: Thinkstock
Jakarta, Liburan akhir tahun, khususnya di malam pergantian tahun seringkali membuat banyak orang berpesta dan terjaga sampai larut malam. Saat menyambut kemeriahan tersebut, jarang orang melewatkannya tanpa cemilan.

Biasanya cemilan yang tersedia mulai dari jagung bakar, kue, coklat, dan lainnya. Namun, seperti yang kita ketahui, ngemil di malam hari justru akan menimbun lemak. Lantas, bagaimana menyiasatinya?

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, memaparkan bahwa setiap 2 sampai 3 jam perut akan merasa lapar. Hal ini dikarenakan perlu waktu 2 sampai 3 jam untuk mengosongkan lambung. Jadi ketika makan malam jam 19.00, maka jam 22.00 akan merasa lapar lagi. Terlebih kalau begadang sampai pagi, wajar sekali kalau lapar.

Baca juga: Begini Caranya Agar Tampak Lebih Keren Saat Ngemil Sehat

"Untuk menghindari cemilan tidak sehat, jadwalkan saja jam makan 'Supper' 3 jam setelah jam makan malam, misalnya di jam 22.00 atau 23.00," kata Victoria kepada detikHealth.

"Jadi makanan yang tersedia proper meal, ada sayurnya, ada proteinnya, ada karbohidratnya," lanjutnya lagi.

Alternatif lainnya, apabila tidak ingin makan makanan berat, Victoria menyarankan untuk menyiapkan cemilan sehat seperti sandwich dan sup.

"Sandwich, sushi, soup atau shabu-shabu, pasta bisa jadi cemilan sehat. Sebenernya mirip sama pilihan makan berat sih ya, tergantung porsinya," tutur Victoria.

Baca juga: 10 Camilan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit