detikhealth

Viral, Suara Daging Bacon Digoreng Jadi Pengantar Tidur

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 06/02/2018 19:36 WIB
Viral, Suara Daging Bacon Digoreng Jadi Pengantar TidurSuara daging bacon digoreng kini diklaim telah berhasil membantu sebagian orang agar bisa terlelap. Foto: iStock
Jakarta, Karena sejumlah faktor, banyak orang yang mulai mengalami insomnia alias susah tidur. Berbagai cara pun dilakukan agar bisa tidur nyenyak, termasuk mendengarkan suara-suara yang bisa menenangkan.

Yang sedang viral saat ini adalah sebuah video tentang daging bacon (daging asap) yang sedang digoreng. Suara daging digoreng ini diklaim telah berhasil membantu sebagian orang agar bisa terlelap.

Menurut pakar, suara bacon digoreng ini tergolong sebagai autonomous sensory meridian response (ASMR), yaitu segala sesuatu yang dapat memicu sensasi rileks atau menenangkan pada sebagian orang, termasuk meninabobokan seseorang.

Contoh ASMR antara lain suara alam seperti hujan dan petir, kemudian ada pula yang beranggapan suara orang mengetik di atas keyboard, makan selada dan berbisik pelan dapat memicu sensasi ini.

"Saya pikir ini memang tergantung orangnya masing-masing," kata Chris Brantner, seorang sleep coach bersertifikat kepada Daily Mail.

Bisa jadi, lanjutnya, suara daging bacon digoreng bisa menjadi pengantar tidur karena konsistensi dari suara mendesis saat panas minyak mengenai daging dan pop berikut 'letusannya'.

"Gagasan di balik 'sleep sound' seperti ini muncul karena suara-suara itu membuat kita menjadi kalem dan mengurangi stres kita. 'Sleep sound' juga dianggap mampu mengalihkan perhatian kita dari suara bising perkotaan atau kendaraan di kota besar, yang terbukti membuat orang susah tidur," jelasnya.

Namun terbukti, banyak orang yang menggunakan ASMR sebagai pengantar tidur. Sebuah studi yang dipublikasikan di tahun 2015 menyatakan, dari 475 responden, sebagian besar mengaku menggunakan ASMR yang tersebar di YouTube untuk menidurkan dan menghadapi stres.

Sebuah studi yang dipublikasi oleh Neuron di tahun 2016 menyebut, mendengarkan suara-suara tertentu dapat membantu mendorong seseorang agar masuk ke fase deep sleep dalam tidurnya.

Penelitian lain yang dipublikasikan Scientific Reports tahun lalu juga mengatakan suara alam seperti suara angin yang menerpa pepohonan dapat mengubah pikiran dan sistem tubuh seseorang agar merasakan rileks.

Baca juga: 10 Cara Keliru yang Sering Dilakukan untuk Atasi Insomnia

Hanya saja Brantner mengingatkan, usahakan agar tidak menonton video atau mendengarkan ASMR dari komputer atau ponsel secara langsung. Sebab faktanya, paparan layar komputer atau ponsel pintar menjelang tidur justru akan mengakibatkan susah merem.

Peneliti dari Harvard mengungkapkan, cahaya dari layar ponsel mempunyai efek yang sama dengan sinar mentari di pagi hari, sehingga memicu tubuh untuk berhenti memproduksi melatonin atau hormon pengatur pola tidur.

Hingga berita ini diturunkan, video yang diunggah TexasHighDef sejak tahun 2013 ini telah ditonton lebih dari 107.000 kali.

Baca juga: Sering Insomnia? Ini Cara Jitu Buat Kamu Agar Cepat Tidur Malam (lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit