Kamis, 11 Feb 2016 08:05 WIB

Remaja 18 Tahun Belum Pernah Mimpi Basah, Normalkah?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Mimpi basah dikategorikan sebagai salah satu penanda anak laki-laki memasuki masa remaja. Dengan kata lain, mimpi basah merupakan penanda anak sudah memasuki masa akil balik.

dr Andri Wanananda MS, konsultan kesehatan seksual detikHealth mengatakan mimpi basah merupakan hal yang normal terjadi pada pria. Hal ini terjadi karena adanya dorongan atau fantasi seksual yang tidak bisa disalurkan layaknya pria yang sudah menikah.

"Dorongan atau fantasi seksual tersebut terpaksa disimpan di alam bawah sadar (subconcious-ness) yang pada saat tidur terbawa ke alam mimpi. Dorongan seksual yang tertahan di siang harinya akhirnya terlampiaskan saat mimpi," urai dr Andri, beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (10/2/2016).

Baca juga: Anak Bertanya Soal Kondom? Begini Baiknya Orang Tua Bersikap

Meski begitu, beberapa remaja pria tampaknya mengalami kegalauan karena belum pernah mengalami mimpi basah. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke dalam rubrik konsultasi detikHealth.

Salah seorang remaja berusia 18 tahun mengaku belum pernah sekalipun merasakan mimpi basah dalam hidupnya. Normalkah hal ini terjadi?

dr Andri mengatakan hal ini sebenarnya masih termasuk normal karena usia 18 tahun masih termasuk dalam fase remaja akhir. Ada beberapa sebab yang membuat remaja tidak mengalami mimpi basah. Pertama, mungkin saja sudah terjadi namun tidak disadari.

"Karena mungkin ciri mimpi basah adalah keluarnya sperma saat tidur, namun ketika bangun tidak terasa. Padahal keluar cuma mungkin sedikit," tuturnya lagi.

Penyebab kedua adalah dorongan atau fantasi seksual yang teralihkan. Remaja yang aktif dalam kesehariannya akan lebih sulit memendah dorongan seksual yang akhirnya menjadi mimpi.

"Mungkin terlalu aktif sampai mengalihkan dorongan seksual dengan hobi atau kegiatan lain. Tapi ini juga masih normal. Cepat atau lambat pasti mimpi juga," pungkasnya.

Baca juga: 4 Fakta Seputar Mimpi Basah yang Mungkin Belum Anda Ketahui (mrs/vit)
News Feed