Selasa, 20 Jun 2017 19:05 WIB

Nasihat Ahli untuk Pasutri yang Baru Pertama Kali Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Pertama kali bercinta bisa jadi suatu hal yang bikin gugup. Foto: ilustrasi/thinkstock Pertama kali bercinta bisa jadi suatu hal yang bikin gugup. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sehabis menikah datanglah apa yang biasa disebut malam pertama. Pada saat itu biasanya pasangan akan memiliki ekspektasi untuk bercinta pertamakalinya, namun karena minim pengalaman dan informasi kadang rasa gugup bisa datang menyerang.

Seksolog Dr Ian Kerner kepada Cosmopolitan mengatakan ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi para pasangan yang akan pertama kali bercinta. Apa-apa saja yang harus dilakukan dan dihindari agar pengalaman bercinta bisa lancar.

Baca juga: Hai Pengantin Baru, Sebelum Bercinta Lakukan Hal Ini Dulu Ya

Tiap pasangan bisa memiliki pengalaman seksual yang berbeda-beda, jadi jangan berharap terlalu tinggi.Tiap pasangan bisa memiliki pengalaman seksual yang berbeda-beda, jadi jangan berharap terlalu tinggi. Foto: ilustrasi/thinkstock


1. Jangan berharap tinggi

Jangan berharap bahwa pengalaman pertama kali bercinta akan sangat indah, menyenangkan, dan memuaskan. Ian mengatakan seks secara umum adalah sesuatu yang kualitasnya akan terus meningkat seiring pasangan menghabiskan waktu bersama mempelajari pribadi masing-masing.

"Jadi jangan merasa tertekan untuk membuatnya sebagai malam terbaik yang pernah ada. Karena ini hanya malam pertama dari sekian banyak malam yang akan datang," kata Ian.

2. Lakukan foreplay

Setiap tindakan intim yang berujung pada penetrasi seperti berpelukan, saling menyentuh, dan ciuman dapat disebut sebagai foreplay. Jangan lupakan hal ini dan sebisa mungkin pada malam pertama pelajari apa-apa saja yang disukai atau tidak disukai oleh pasangan.

Baik suami maupun istri masih sama-sama belajar, jadi jangan takut atau malu untuk berkomunikasi menyuarakan keinginan masing-masing.

3. Jangan mengira pasangan berpengalaman

Jangan berpikir bahwa pasangan mengerti apa yang harus dilakukan hanya karena ia diketahui suka menonton porno atau mengikuti artikel seks. Informasi yang didapat dari orang atau sumber lainnya bisa berbeda dari apa yang dihadapi pasangan saat malam pertama.

"Bahkan bila pasangan memang memiliki 'pengalaman', setiap kejadian seks itu unik. Pasangan bisa merasa kegugupan sama seperti dari apa yang Anda rasa," kata Ian.

4. Tidak harus orgasme

Karena masih sama-sama belajar, malam pertama tidak harus selalu diakhiri dengan suami dan istri merasakan pengalaman orgasme. Ian mengatakan bahwa khususnya untuk wanita, hanya sedikit yang bisa mengalami orgasme pada malam pertama.

"Jangan palsukan orgasme, karena ini hanya akan membohongi diri Anda sendiri. Beritahu pasangan bahwa Anda nyaris orgasme dan ingin merasakannya, dengan demikian pasangan akan lebih termotivasi," ungkap Ian.

Satu hal yang paling penting adalah pasangan bisa merasa senyaman mungkin.Satu hal yang paling penting adalah pasangan bisa merasa senyaman mungkin. Foto: thinkstock


5. Lupakan posisi khusus

Konsultan seks detikHealth dr Andri Wanananda, MS, mengatakan tidak ada posisi sanggama yang khusus saat malam pertama pasangan pengantin baru. Cukup pilih posisi bercinta apa saja yang nyaman untuk suami dan istri. Misalnya posisi man on top, woman on top, side by side.

"Jangan lakukan posisi hubungan intim yang rumit dan kurang lazim, yang membuat istri enggan dan takut. Juga suami dan istri tidak perlu menggunakan sex toys atau pelumas," tambah pria yang juga mengajar di Universitas Tarumanagara ini.

Baca juga: Malam Pertama Bisa Bikin Suami Grogi dan Susah Ereksi, Begini Mengatasinya (fds/ajg)
News Feed