Sabtu, 22 Jun 2019 19:02 WIB

FDA Setujui Obat Baru untuk Tingkatkan Libido Wanita

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi berhubungan seks. Foto: iStock Ilustrasi berhubungan seks. Foto: iStock
Jakarta - Food and Drug Administration (FDA) menyetujui peredaran obat bremelanotide pada Jumat (21/6/2019) waktu setempat. Obat ini mampu mengembalikan hasrat seks pada wanita dengan kadar libido rendah.

Dikutip dari CNN, obat ini berbentuk suntikan (injeksi) yang digunakan sebelum berhubungan seks. Obat bisa digunakan wanita yang sedang dalam tahap premenopause, atau yang mengalami gangguan hasrat seks hipoaktif. Kurangnya ketertarikan pada hubungan seks bisa mengakibatkan stres pada sebagian wanita.

"Banyak wanita yang datang ke kami tanpa tahu kondisi yang sedang dialami. Jutaan wanita mungkin mengalami hal yang sama. Sebaik apa pun fisioterapi yang diberikan, hubungan yang berjalan, dan penghargaan atas diri sendiri, tetap ada kondisi biologis yang tidak bisa diperbaiki," kata pimpinan divisi Behavioral Medicine di University Hospitals Cleveland Medical Center Sherly Kingsberg.



Efek disfungsi seksual pada self-esteem, body image, dan kepercayaan diri wanita dalam suatu hubungan sangat besar. Kingsberg berharap bremelanotide bisa memperbaiki kondisi biologis wanita, sehingga kembali punya rasa percaya diri dan penghargaan atas diri sendiri yang lebih baik.

Kingsberg ikut dalam uji coba klinis sebelum bremelanotide mendapat persetujuan FDA. Bremelanotide menjadi alternatif klinis yang mendiagnosa gangguan disfungsi seksual pada wanita. Sebelum bremelanotide, sebelumnya ada flibanserin dengan manfaat sama. Namun obat menimbulkan kontroversi karena dikonsumsi dengan alkohol dan hanya bisa diresepkan tenaga kesehatan bersertifikasi.

(up/up)