Minggu, 23 Jun 2019 19:13 WIB

Gangguan Tak Biasa pada Miss V, Dalamnya Cuma 2 Cm hingga Tumbuh 'Gigi'

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Berbagai kelainan pada kondisi organ reproduksi (Foto: iStock) Berbagai kelainan pada kondisi organ reproduksi (Foto: iStock)
Jakarta - Tak ada seorang pun yang terlahir sempurna, termasuk untuk urusan anatomi tubuh. Beberapa wanita bahkan memiliki kondisi langka pada organ-organ vital dalam sistem reproduksinya.

Berikut, detikHealth merangkum beberapa kondisi tak biasa pada vagina yang pernah dilaporkan.

1. Kedalaman cuma 2 Cm
Sebuah laporan di BMJ Case Reports menyebut, seorang wanita di Pakistan mendapat kekerasan dari suaminya. Tak lain karena pasangan ini gagal melakukan penetrasi saat berhubungan seks.

Wanita yang mengalami kesakitan fisik dan mental karena sikap suami tersebut akhirnya memeriksakan kondisinya ke dokter. Oleh dokter, ia didiagnosis mengalami transverse vaginal septum, yakni kondisi vagina yang terbagi. Karena kondisi ini, ia cuma punya saluran vagina sedalam 2 cm.




2. Tumbuh 'gigi' di Miss V
Seorang wanita di Inggris menjalani operasi untuk mengatasi beser setelah melahirkan. Dokter memasang Transvaginal Tape (TVT) untuk mengikat kantong kemihnya.

Masalah beser, untuk sementara teratasi. Namun tak dinyana, masalah lain muncul saat wanita ini berhubungan seks dengan pasangannya dua tahun kemudian. Plastik TVT yang tertanam rupanya menembus dinding vagina dan melukai alat kelamin pasangannya.

"Vagina saya seperti ada giginya," katanya.



3. Miss V tanpa saluran reproduksi
Ada berbagai kondisi langka yang menyebabkan wanita terlahir tanpa organ reproduksi yang lengkap. Salah satunya adalah sindrom langka Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser (MRKH), seperti dialami Kaylee Moats dari Arizona, Amerika Serikat.

Moats bahkan baru menyadari kondisinya di usia 18 tahun, saat ia mulai curiga karena tak kunjung mendapatkan menstruasi. Setelah memeriksakan diri, rupanya ia tidak memiliki rahim (uterus) maupun leher rahim (serviks uterus).

(up/up)