Rabu, 24 Jul 2019 19:27 WIB

Hindari Infeksi, Alasan Mengapa Wanita Harus Kencing Usai Bercinta

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Wanita disarankan buang air kecil usai bercinta untuk hindari infeksi. Foto: istock Wanita disarankan buang air kecil usai bercinta untuk hindari infeksi. Foto: istock
Jakarta - Infeksi menular seksual bukanlah hal sepele yang bisa para wanita abaikan. Ada banyak cara untuk mencegahnya, yakni dengan menggunakan kondom, tidak mencuci vagina dengan sabun keras dan douching, serta segera kencing 15 menit usai bercinta.

Mengapa demikian? Situs The Guardian memaparkan bahwa dengan mengosongkan kandung kemih bisa mengurangi risikomu terkena infeksi saluran kencing (ISK). ISK bisa sangat mengganggu kenyamanan dan berisiko menjadi masalah yang lebih besar.


"Alasan mengapa wanita bisa terkena ISK usai seks adalah karena uretra (saluran kencing) sangat pendek dan kandung kemih berada di dekatnya, sehingga saat seks penetrasi bisa membuat akses langsung bakteri ke saluran kencing," tulis situs tersebut.

Meski pasanganmu adalah orang yang cukup bersih, risiko ISK tetap ada, bahkan menggunakan kondom ataupun memastikan pasangan sudah melakukan sunat atau belum. Seks penetrasi bisa mengganggu keseimbangan alami tubuh sehingga pastikan untuk segera kencing sesudahnya.

Baik bagi pria dan wanita, kerap ada rasa ingin cepat 'kering' usai seks. Jika dalam kondisi tersebut, hanya dengan membersihkan bagian luar kelamin dengan air saja sudah cukup, tanpa digosok ataupun menggunakan sabun.

"Ada mitos di mana kamu bisa 'mencuci' infeksi menular seksual usai bercinta dengan mandi atau douching, sehingga sangat penting mengantisipasinya dengan menggunakan kondom," tutup situs tersebut.



Simak Video "Menurut Riset, Ini 10 Waktu Favorit untuk Bercinta"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed