Kamis, 15 Agu 2019 08:10 WIB

Tips Mengatasi Disfungsi Seksual pada Wanita

Michelle Natasya - detikHealth
Masalah disfungsi seksual masih jarang dibicarakan padahal bisa diobati. (Foto: iStock) Masalah disfungsi seksual masih jarang dibicarakan padahal bisa diobati. (Foto: iStock)
Jakarta - Disfungsi seksual merupakan masalah pada fase respons seksual yang menghambat individu atau pasangan merasakan kepuasan dalam kegiatan seksual. Lalu bagaimana cara untuk mengobati disfungsi seksual?

Disfungsi seksual merupakan hal yang umum terjadi dan lebih banyak dialami wanita daripada pria. Banyak yang masih ragu atau malu untuk membahasnya. Padahal, sebagian kasus disfungsi seksual dapat diobati.


Dokter Ni Komang Yeni Dhana Sari, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah, berbagi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani disfungsi seksual pada wanita, berikut 5 di antaranya:

1. Pelajari tentang anatomi manusia, fungsi seksual, dan perubahan normal yang terkait penuaan, serta perilaku seksual dan respons yang sesuai. Hal ini dapat membantu mengatasi kecemasan tentang fungsi dan kinerja seksual.

2. Meningkatkan stimulasi dengan menggunakan materi erotis seperti video atau buku, masturbasi, dan perubahan rutinitas seksual.

3. Memberikan teknik pengalihan perhatian dapat dilakukan dengan melibatkan fantasi erotis atau non-erotis. Latihan dengan hubungan intim. Musik, video, atau televisi dapat digunakan untuk meningkatkan relaksasi dan menghilangkan kecemasan.

4. Meminimalkan rasa sakit. Menggunakan posisi seksual yang memungkinkan wanita mengontrol kedalam penetrasi dapat membantu meminimalisir rasa nyeri. Pelumas vagina juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit akibat gesekan. Mandi air hangat sebelum berhubungan intim juga dapat meningkatkan relaksasi.

5. Temukan kembali arti libido bagi diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan terapi seksual seperti mengubah rutinitas seksual, lebih fokus pada foreplay, dan variasi yang sesuai.



Simak Video "Ini 4 Ciri Wanita Palsukan Orgasme"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)