Selasa, 10 Sep 2019 15:41 WIB

Trend Odol untuk Atasi Ejakulasi Dini, Dokter Peringatkan Hoax

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pria ejakulasi. Foto: thinkstock Ilustrasi pria ejakulasi. Foto: thinkstock
Jakarta - Masyarakat Inggris tengah ramai membicarakan unggahan aneh di YouTube tentang teknik mengatasi ejakulasi dini. Dalam unggahan tersebut, ejakulasi dini atau disfungsi ereksi dikatakan dapat diatasi dengan mengoleskan pasta gigi ke ujung penis. Unggahan yang ditonton 1,1 juta orang tersebut menyatakan, teknik ini merupakan sebuah alternatif yang bisa dilakukan semua orang.

"Para pria akan merasa bangga. Apakah kamu ejakulasi terlalu cepat? Ikuti teknik mengoleskan odol ke ujung penis untuk mengatasi ejakulasi dini dan kamu bisa bertahan selama 30 menit atau lebih lama pada akhir minggu," kata pengupload dengan nama Jose Barber yang menyebut dirinya sebagai pemberi tips seputar kesehatan dikutip dari Daily Mail.


Terkait unggahan ini, konsultan farmasi James O'Loan menperingatkan para pria waspada dan tidak mudah percaya. Menurut O'Loan yang merupakan apoteker di layanan dokter online Doctor-4-U, hingga kini tak ada bukti yang menyatakan pasta gigi bisa mengatasi masalah seksual. Mencoba teknik pasta gigi justru berisiko pada kesehatan organ seksual pria dan pasangannya.

"Para pria yang sempat ingin mencoba teknik ini sebaiknya segera menyingkirkan pikiran tersebut. Pasta gigi tidak akan memperbaiki ejakulasi dini atau disfungsi ereksi seperti pada klaim. Kulit di organ genital cenderung rapuh, mengolesinya dengan pasta gigi berisiko mengakibatkan munculnya sensasi terbakar, merah, dan luka. Pasta gigi juga tak bisa digunakan sebagai lube," kata O'Loan.


Hal senada dikatakan dokter ahli urologi Rich Viney yang menyatakan, efek pasta gigi sebetulnya placebo karena tidak mempengaruhi performa seks. Pasta gigi secara alami bersifat abrasif yang mungkin berefek saat bercinta, namun tidak mempengaruhi sensitifitas pada pria.

"Penggunaan pasta gigi pada ujung penis justru berisiko besar bagi vagina wanita. Para wanita tentu tidak ingin ada benda asing dalam vaginanya yang bersifat merusak. Pria yang mencoba teknik pasta gigi bisa dipastikan ceroboh, karena pengobatan untuk ejakulasi dini sudah tersedia di masyarakat umum. Para pria cukup datang ke apotek atau tempat lain yang punya izin," ujar Viney.

Disfungsi ereksi biasa diatasi dengan konsumsi obat sildenafil yang dikenal dengan merk Viagra. Obat ini meningkatkan aliran darah ke penis untuk membantu pria mengatur ereksi. Selain itu tersedia juga Fortacin untuk mengatasi ejakulasi dini yang bentuknya seperti spray. Fortacin mengandung obat bius lokal lidocaine dan prilocaine, yang diatur untuk menurunkan sensitifitas di penis. Obat ini baru bisa diperoleh di kawasan Eropa.



Simak Video "Pria Hobi Main Video Game Diklaim Minim Ejakulasi Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)