Kamis, 03 Okt 2019 07:59 WIB

5 Langkah Membersihkan Mr P, Biar Selalu Bikin Pasangan Bahagia

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bersihkan penis secara teratur agar terhindar dari penyakit. (Foto: iStock) Bersihkan penis secara teratur agar terhindar dari penyakit. (Foto: iStock)
Jakarta - Penis yang sehat tak hanya menjamin kualitas organ intim tapi juga kesehatan pria secara umum. Tentunya, penis yang bersih juga membantu pria bisa selalu membahagiakan pasangannya.

Dikutip dari Men's Health, menjaga kebersihan penis sebetulnya tidak sulit. Pria bahkan wajib melakukannya tiap hari saat mandi untuk membersihkan seluruh badan.

"Kumpulan sel kulit mati dan bakteri berisiko mengakibatkan penis mengeluarkan aroma kurang sedap. Risiko terjadinya iritasi hingga cedera pada penis yang memudahkan terjadinya penyakit infeksi menular seksual (IMS)," kata seksolog klinis Eric Marlowe Garrison dari Indiana University School of Public Health and director of the Center for Sexual Health Promotion.


Berikut 5 langkah membersihkan penis yang bisa dilakukan pria:

1. Bersihkan rambut kemaluan, kulit sekitar pangkal, dan lipatan paha. Biasanya keringat terkumpul di lipatan pangkal paha yang dekat rambut kemaluan

2. Bersihkan batang penis

3. Jika punya kulit kulub pada pria yang tidak disunat, pastikan membersihkan bagian ini dengan menyingkirkan seluruh smegma. Smegma adalah cairan putih pada penis yang dihasilkan kelenjar keringat dan sel kulit mati

4. Bersihkan skrotum yang membungkus buah zakar atau testis pria dan kulit di sekitarnya

5. Bersihkan kulit dekat anus, antara bokong, dan perineum yang berada antara skrotum dan dubur

Saat membersihkan penis sebaiknya gunakan air hangat dengan sabun yang lembut tanpa aroma tertentu. Jangan menggunakan sabun yang menyebabkan kulit kering atau membersihkan area sensitif pria terlalu intensif. Hal ini berisiko mengakibatkan munculnya iritasi pada penis.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)