Sabtu, 05 Okt 2019 19:07 WIB

Ini 6 Cara Alami untuk Tingkatkan Jumlah Sperma pada Pria

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumlah sperma bisa ditingkarkan dengan cara alami. Foto: iStock Jumlah sperma bisa ditingkarkan dengan cara alami. Foto: iStock
Jakarta - Berbicara tentang kesuburan pria, jumlah dan kesehatan sperma yang dihasilkan menjadi aspek penting. Para ahli memperkirakan 40-50 persen kasus infertilitas disebabkan karena masalah kesuburan pada pria.

Infertilitas atau sering disebut kemandulan tidak harus selalu diatasi dengan obat, namun dapat diperbaiki dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Dikutip dari Times of India, berikut ini cara-cara alami yang dapat membantu meningkatkan jumlah sekaligus kualitas sperma yang dihasilkan pria.


1. Olahraga

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan diet yang tepat dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria dengan kelebihan berat badan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017. Sebanyak 45 pria gemuk yang melakukan latihan aerobik selama 16 minggu dengan waktu 50 menit per harinya dapat meningkatkan konsentrasi dan volume sperma.

2. Kurangi stres

Stres dapat menyebabkan tubuh lebih menghemat energi dan kurang memperhatikan keadaan reproduksinya, termasuk jumlah sperma. Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan diet sehat, berolahraga teratur, dan melakukan kegiatan yang disukai.

Kegiatan tersebut dapat membantu seseorang mengelola stresnya. Tapi, jika pria tersebut menderita stres atau kecemasan berat, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan resep obat yang bisa membantu mengatasinya.

3. Tidak merokok

Merokok dapat mengurangi jumlah sperma. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 telah meninjau 20 studi lainnya dan mengatakan bahwa pria yang merokok jumlah spermanya lebih sedikit daripada yang tidak merokok.

4. Hindari minuman beralkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron, kualitas, serta kuantitas sperma pada pria. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan libido rendah bahkan impotensi.

5. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Pria yang mengkonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma. Hal ini terjadi karena rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh dikaitkan dengan rendahnya jumlah sperma yang dihasilkan. Sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

6. Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini yang dapat menyebabkan peradangan yang akan menimbulkan beberapa penyakit mengganggu produksi sperma.

Meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.



Simak Video " Seberapa Amankah Penggunaan Pil KB untuk Pria?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)