Jumat, 29 Nov 2019 23:07 WIB

4 Tips Bercinta Buat yang Punya Risiko Serangan Jantung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Jakarta - Bagi mereka yang memiliki risiko serangan jantung, bercinta mendatangkan rasa khawatir. Kekhawatiran terkait ketahanan sistem kardiovaskular menjaga kondisi tubuh selama berhubungan intim.

Kendati khawatir, risiko serangan jantung sampai menghalangi rutinitas bercinta tiap hari dengan pasangan. Berikut 4 tips bercinta bagi yang berisiko serangan jantung dikutip dari Johns Hopkins Medicine.



1. Ketahui kondisi diri

Aktivitas seksual memang meningkatkan detak jantung namun tidak seharusnya dikhawatirkan. Secara umum, jika mampu naik tangga atau jalan satu kilometer maka tidak ada masalah dengan kesehatan jantung.

"Kemungkinan mengalami serangan jantung saat memang ada namun sangat rendah. Selama tidak mengalami gejala atau kondisi tertentu, maka seharusnya tak perlu takut," kata direktur riset klinis di Johns Hopkins Ciccarone Center for the Prevention of Heart Disease Michael Blaha, MD, MPH.

2. Rajin kontrol

Tips ini sebetulnya berlaku bagi yang sehat atau berisiko serangan jantung. Apalagi bila mengalami gejala sakit dada, napas pendek, detak jantung tidak teratur, mual atau gangguan pencernaan.

"Jika mengalami kondisi tersebut, jangan lupa kontrol teratur untuk mengetahui kondisi jantung. Jika terbukti punya risiko, maka peluang terjadi serangan saat bercinta cenderung meningkat. Dokter akan memberi saran apa yang sebaiknya dilakukan," kata Blaha.



3. Aktif komunikasi

Komunikasi adalah tips penting bagi salah satu atau saat orang yang berpasangan punya risiko serangan jantung. Komunikasi memungkinkan pasangan menjelaskan kondisinya dengan jelas, termasuk keinginan bercinta.

Dikutip dari situs Heart Foundation, komunikasi juga menjadi kunci hubungan jangka panjang. Jangan ragu mengkomunikasikan kondisi kesehatan dan hasrat seksual.

4. Mencari alternatif lain

Pasangan tak perlu memaksakan diri jika merasa tak nyaman atau tidak sanggup berhubungan seks. Bercinta yang memberi kepuasan pada pasangan, hanya bisa dilakukan saat keduanya punya mood yang sama.

Jika ada yang sedang tak ingin berhubungan seks, bisa dicari alternatif lain untuk mengekspresikan rasa cinta. Misal tidur berdekatan, memeluk pasangan, mencium, atau sekadar ngobrol intim dalam waktu lama.



Simak Video "Lagi Bete? Makan Es Krim Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)