Senin, 02 Des 2019 08:01 WIB

4 Fakta Prostat, Area 'G-Spot' Khusus Pria

Rosmha Widiyani - detikHealth
Prostat menjadi area G-Spot pria yang bisa memberi sensasi kepuasan seksual. (Foto: iStock) Prostat menjadi area 'G-Spot' pria yang bisa memberi sensasi kepuasan seksual. (Foto: iStock)
Jakarta - Bukan hanya wanita, pria ternyata juga punya area 'G-Spot' yang bisa membersikan sensasi orgasme. Selain pada penis, area G-Spot pria ada pada organ yang disebut prostat. Bila diberi rangsangan yang pas, pria bisa merasakan kepuasan seksual.


Dikutip dari Metro dan Men's Health, berikut empat faktar seputar prostat pria.

1. Seukuran kacang walnut

Prostat adalah kelenjar berotot yang berukuran sebesar kacang walnut. Kelenjar ini mengelilingi saluran kencing tepat di bawah kandung kemih. Prostat memiliki banyak sel saraf seperti klitoris pada wanita.

"Bagi pria yang ingin mencoba, prostat bisa memberi pengalaman dan kesenangan baru," kata sex educator Susan Milstein, PhD, dari Department of Health Enhancement, Exercise Science and Physical Education di Rockville Campus of Montgomery College.

2. Punya peran penting dalam reproduksi

Prostat punya peran penting dalam mempertahankan ereksi dan pelepasan air mani saat ejakulasi. Fungsi lainnya adalah mengeluarkan cairan dan mendorong air mani keluar dari penis untuk membuahi sel telur.

Sekitar sepertiga penyusun air mani adalah cairan protat yang mengandung aneka enzim dan asam sitrat. Salah satunya adalah prostat spesifik antigen, enzim spesifik yang berfungsi mengencerkan air mani supaya sperma mudah berenang menuju ovum.

3. Bisa dirangsang hingga memberi orgasme

Pria ternyata bisa merasakan orgasme prostat tanpa perlu merangsang penis. Pria akan merasakan sensasi geli atau tingly di seluruh tubuh yang disebut full body orgasm.

Sensasi ini sedikit berbeda dengan regular orgasm saat masturbasi atau penetrasi, yang bersifat langsung dan terlokalisir. Meski menjanjikan kepuasan lebih, orgasme prostat perlu lebih banyak energi dan warm up.

4. Harus dijaga kesehatannya

Prostat ternyata berisiko terkena kanker bila tidak dijaga kesehatannya. Karena itu, pria sangat disarankan menjaga kesehatan organ ini salah satunya dengan pijat prostat. Usaha yang sebaiknya dilakukan tenaga kesehatan kompeten ini, membantu pria melakukan deteksi dini sehingga prostar bisa tetap menjadi sumber 'kenikmatan.'



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)