Jumat, 06 Des 2019 18:54 WIB

Apa Sih Penyebab Mr P Suka 'Tegang' Sendiri? Ini Penjelasan Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi penis suka tegang sendiri. Foto: iStock Ilustrasi penis suka 'tegang' sendiri. Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang pernah saat berada di tempat umum, tiba-tiba penis ereksi tanpa ada rangsangan? Hal ini mungkin sering membuat beberapa pria tidak nyaman. Nah bagi yang penasaran, ternyata fenomena ereksi spontan ini ada penjelasannya.

Dikutip dari Medical News Today, ereksi spontan bisa dialami oleh pria di segala usia namun biasanya lebih sering terjadi pada remaja hingga orang dewasa muda. Ereksi spontan bukan tanda penyakit atau kondisi berbahaya.


"Ini hal yang normal malah bisa jadi tanda fungsi seksual kamu masih normal," tulis artikel yang diulas oleh spesialis penyakit dalam Elaine K. Luo dari Tufts University School of Medicine.

Mengapa ereksi bisa terjadi secara acak pastinya belum diketahui. Namun beberapa peneliti berspekulasi kemungkinan hubungan dengan perubahan tingkat hormon testosteron di dalam tubuh.

Fenomena ereksi di pagi hari misalnya dijelaskan dalam beberapa studi terjadi akibat adanya peningkatan hormon testosteron dalam tubuh saat tidur. Hal yang sama juga disebut bisa terjadi di siang hari.

"Tingkat hormon berfluktuasi sepanjang hari, terutama testosteron, dan hal ini bisa menyebabkan ereksi tidak terkendali," tulis Medical News Today.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)