Senin, 20 Jan 2020 08:45 WIB

Pria Ini Alergi Spermanya Sendiri, Tersiksa Tiap Usai Bercinta

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Alergi sperma bikin tersiksa tiap usai berinta (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria di Massachusetts mengalami kondisi langka yang membuatnya alergi terhadap spermanya sendiri. Kondisi tersebut membuatnya tersiksa tiap kali usai bercinta.

Dikutip dari Dailymail, setiap kali mengalami ejakulasi pria ini dilanda kegelisahan, letih luar biasa, otot melemah, dan susah konsentrasi. Dokter menyebutnya post-orgasm illness syndrome (POIS).

Keluhan tersebut berlangsung hingga 2 pekan sejak terakhir orgasme. Munculnya bisa sesaat setelah ejakulasi, atau tertunda beberapa waktu.

Karena kondisi tersebut, ia jadi jarang melakukan aktivitas seksual, baik sendiri maupun dengan pasangannya. Dikatakan, ia cuma bercinta sekali dalam 8-12 pekan.



Oleh dokter, ia diterapi dengan human chorionic gonadotropin (hCG) replacement therapy. Suntikan diberikan 3 kali sepekan.

Sehari-hari, hCG dikenal juga sebagai hormon kehamilan. Pada pria, hormon ini digunakan untuk merangsang testis agar memproduksi lebih banyak testosteron.

Diyakini, POIS pada pria disebabkan oleh alergi terhadap spermanya sendiri. Penyebabnya tidak diketahui pasti, tapi kemungkinan pengidapnya lebih banyak dari yang diduga karena banyak pasien tidak melapor.



Simak Video "Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)