Senin, 03 Feb 2020 23:01 WIB

Ternyata Usia Bisa Menentukan Kualitas Seks, Begini Penjelasannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Survei melihat kualitas seks membaik seiring bertambahnya usia. (Foto: iStock)
Jakarta -

Melakukan hubungan seks memang menyenangkan, tapi tahukah kamu kalau usia seseorang bisa memengaruhi kualitas seks yang dirasakan?

Survei yang dilakukan Singles in America pada tahun 2018 kepada 5.000 orang dari segala usia, etnis, dan tingkat pendapatan di Amerika Serikat (AS), menemukan bahwa wanita yang berusia 66 tahun dan pria berusia 64 tahun mengaku memiliki seks terbaik.

"Saya pikir ini menegaskan bahwa seks yang hebat bukanlah tentang memiliki tubuh yang sempurna, atau menjadi muda, atau standar apa pun yang telah kita ketahui tentang hubungan seks," kata Richmond Holly, seorang terapis seks, seperti yang dikutip dari The Healthy

"Sebaliknya, seks yang berkualitas adalah tentang mengenal diri sendiri dan mampu mengomunikasikan apa yang dirasakan oleh pasangan," lanjutnya.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan pun menunjukkan bahwa 85 persen orang dewasa yang aktif melakukan hubungan seks, mengaku aktivitas tersebut sangat penting bagi kualitas hidup mereka.

Studi lain yang berfokus pada wanita juga mengatakan bahwa 54 persen wanita merasa hubungan seksnya terasa lebih menyenangkan seiring bertambahnya usia.

"Rasa bahagia dalam berhubungan seks yang meningkat, bisa jadi karena wanita tidak lagi mengkhawatirkan kehamilan, memiliki lebih banyak waktu luang, dan berkurangnya stres akibat pensiun," ucap dr Carla Marie Manly, seorang psikolog klinis dan juga penulis Joy from Fear.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)