Senin, 10 Feb 2020 19:30 WIB

Apakah Berhubungan Seks Saat Hamil Berbahaya untuk Janin?

Siti Masluha - detikHealth
Passion in bed. African-american couple hands pulling white sheets in ecstasy, closeup Apakah berhubungan seks saat hamil berbahaya untuk janin? (Foto: istock)
Jakarta -

Banyak pasangan yang masih merasa takut untuk melakukan hubungan seks saat masa kehamilan. Beberapa di antara mereka takut akan terjadi komplikasi terhadap janin yang sedang dikandung bahkan hingga keguguran.

Jadi, amankah melakukan hubungan seks saat hamil?

Apa boleh melakukan hubungan seks saat hamil?

Berhubungan seks saat hamil sebenarnya diperbolehkan dan aman jika Anda mengetahui dan mengikuti aturan nya. Walaupun orgasme saat berhubungan seks memang dapat menyebabkan kontraksi rahim, tapi ini hanya sementara dan tidak berbahaya. Sehingga berhubungan seks saat hamil tidak akan mengganggu atau membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Janin tidak akan terluka ketika ibu hamil berhubungan seks dengan pasangannya dan juga tidak menyebabkan keguguran atau kelahiran premature, karena selama berhubungan seks, penetrasi penis tidak menembus leher rahim sehingga tidak akan mencapai bayi. Aktivitas seksual yang satu ini tidak akan memengaruhi kondisi bayi Anda.

Berhubungan seks saat hamil justru punya banyak manfaat psikologis dan fisik. Bahkan, beberapa peneliti berpendapat bahwa melakukan hubungan seks saat hamil dapat mengurangi risiko melahirkan prematur.

Berapa kali berhubungan seks yang aman saat hamil?

Dari segi frekuensinya, batasan yang diperbolehkan untuk berhubungan seks saat hamil sebaiknya tidak lebih dari tiga kali per minggu. Karena, terlalu sering berhubungan seks saat hamil dapat meningkatkan risiko perempuan terkena infeksi saluran kencing (ISK).

Perlu dipahami juga frekuensi berhubungan seks saat hamil bukanlah harga mati. Menentukan seberapa sering Anda ingin berhubungan seks selama kehamilan sebaiknya tetap didiskusikan bersama pasangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]