Sabtu, 14 Mar 2020 20:01 WIB

Jumlah Sperma Sedikit? Bisa Jadi 5 Faktor Ini Penyebabnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernahkah kamu berpikir mengapa jumlah sperma terkadang bisa sedikit atau bahkan malah jadi banyak? Faktanya beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan diet yang tidak tepat juga bisa berpengaruh pada jumlah sperma yang dihasilkan lho!

Berikut ini adalah 5 faktor penyebab jumlah spermamu berkurang, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Celana terlalu ketat

Mengenakan celana yang terlalu ketat dapat meningkatkan suhu testis. Terlebih bila dikenakan dalam waktu yang cukup lama, suhu testis akan terus meningkat dan mengakibatkan jumlah sperma menurun.

Testis butuh suhu yang optimal untuk memproduksi sperma

2. Radiasi handphone

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang memainkan handphone selama lebih dari empat jam sehari memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena biasanya handphone mereka akan di taruh di dalam saku celana sehingga testis akan terpapar radiasi ponsel dan menimbulkan efek negatif pada jumlah sperma.

3. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab dari timbulnya masalah kesehatan. Tak hanya mempengaruhi kesehatan emosional, nyatanya stres juga dapat menyebabkan masalah infertilitas pria.

4. Merokok

Merokok dapat menyebabkan impotensi. Selain dapat menurunkan jumlah sperma, kebiasaan tidak sehat ini jika tidak dihentikan juga bisa menyebabkan masalah kesuburan.

5. Meminum alkohol

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan dalam alkohol dapat mencegah tubuh untuk menyerap seng, yang merupakan salah satu mineral terpenting dalam pembentukan sel sperma.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)