Selasa, 31 Mar 2020 19:30 WIB

5 Fakta Unik Sperma, Salah Satunya Dapat Hidup 5 Hari di Dalam Vagina

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi sperma Fakta unik sel sprema (Foto: iStock)
Jakarta -

Pria menghasilkan setidaknya 1.500 sel sperma setiap detiknya, maka tak heran bila saat ejakulasi jutaan sperma akan menyembur keluar.

Seorang pendiri London Doctors Clinic, Dr Seth Rankin mengatakan begitu banyak fakta tentang sperma yang belum kita ketahui sebelumnya.

"Sperma memainkan peran besar dalam hidup kita dan sungguh menakjubkan, sayangnya kita tidak tahu lebih banyak tentang itu," kata Seth seperti dikutip dari Daily Star.

Berikut ini adalah 5 fakta unik tentang sperma yang perlu kamu tahu, seperti dijelaskan oleh Seth.

1. Sperma dapat hidup hingga lima hari di dalam vagina

Sementara staminamu hanya kuat beberapa jam saat melakukan hubungan seks. Sperma yang kamu keluarkan akan bertahan hingga lima hari lamanya di dalam vagina, kecuali jika pasanganmu sedang menggunakan alat kontrasepsi.

2. Beberapa wanita alergi sperma

Dalam beberapa kasus, sperma dapat menyebabkan reaksi alergi pada wanita yang membuatnya menjadi kemerahan, bengkak dan gatal pada kulit. Hal ini disebut dengan alergi semen atau hipersensitivitas plasma seminalis.

3. Perlu 74 hari untuk menumbuhkan sperma

Meskipun kebanyakan pria menghasilkan jutaan sperma baru dalam setiap harinya, dibutuhkan dua hingga tiga bulan bagi sperma untuk bisa mencapai tingkat kematangan penuh.

Ketika sperma terbentuk, mereka tidak bisa berenang atau membuahi sel telur. Siklus regenerasi sperma ini akan memakan waktu selama 74 hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]