Kamis, 11 Jun 2020 05:29 WIB

Panduan Seks Aman Saat Pandemi Corona ala Dokter Boyke

Ayunda Septiani - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Seks aman saat pandemi virus Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Saat pandemi virus Corona tengah berlangsung, banyak pasutri menjadi khawatir ketika akan melakukan hubungan seksual. Terlebih adanya anjuran jaga jarak sehingga membuat sebagian besar pasangan suami istri bertanya-tanya, apakah masih boleh melakukan aktivitas seks?

"Bagi pasutri, melakukan hubungan seksual boleh saja kok. Apalagi keduanya di rumah aja nggak pernah kemana-mana. Nah yang menjadi masalah itu adalah apakah pasangannya itu masih sesekali keluar apa nggak," kata pakar seks, dr Boyke Dian Nugraha, dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Apabila pasangan masih sesekali keluar, pastikan bahwa mereka bersih dari virus Corona dengan memastikan selalu memakai masker, menerapkan physical distancing saat di luar rumah dan tidak berkumpul dengan sekelompok orang sehingga membuatnya rentan tertular.

"Yang terpenting juga ketika dia mau masuk ke rumah, harus bersih ya. Dari sepatu, lepas. Cuci muka, tangan, ganti baju, lanjut mandi pakai sabun sampai ke atas kepala baru setelah itu boleh menyentuh pasangannya," lanjut dr Boyke.

Selain itu, menurutnya membangun keintiman fisik di antara pasutri justru memberikan manfaat positif bagi daya tahan tubuh.

"Beberapa penelitian menunjukkan kalau sakit apakah flu ringan atau nyeri sendi kecapean, maag ringan, dengan hubungan seks bisa sembuh," pungkas dr Boyke.



Simak Video "Percepat Target Vaksin COVID-19, WHO: Butuh Dana Rp 449 T"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)