Sabtu, 20 Jun 2020 20:51 WIB

5 Jenis Nyeri yang Bisa Timbul pada Mr P dan Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi penis Nyeri di sekitar penis bisa terjadi karena berbagai sebab. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pernah tiba-tiba merasa nyeri di area buah zakar, perih saat kencing, hingga sakit ereksi? Beberapa pria yang mengalaminya mungkin penasaran kira-kira apa yang jadi penyebabnya dan apakah ini sesuatu yang berbahaya.

Menurut urolog setidaknya ada beberapa jenis kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada penis. Apa saja itu? Berikut penjelasannya seperti dirangkum detikcom dari Men's Health:

1. Perih atau sakit di ujung penis

Menurut urolog dr Tobias Kohler dari Memorial Medical Center, timbulnya rasa perih atau sensasi terbakar di ujung penis bisa disebabkan karena sabun yang tak sengaja masuk ke saluran kencing (uretra) saat mandi. Ini karena sabun dapat mengiritasi uretra.

Nyeri yang berlangsung lama pada ujung penis bisa jadi tanda adanya penyakit infeksi. Hal ini diperkuat bila penis menghasilkan cairan berwarna kekuningan atau kehijauan.

Terakhir rasa nyeri yang seperti ini bisa juga muncul karena ada batu ginjal.

2. Buah zakar sakit usai angkat beban atau berdiri terlalu lama

Rasa sakit yang muncul usai aktivitas, seperti mengangkat benda berat atau berdiri terlalu lama biasanya disebabkan karena masalah varikokel. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah vena di buah zakar membengkak.

dr Kohler menyarankan agar pria berkonsultasi pada dokter bila mengalami masalah ini karena varikokel diketahui dapat berdampak pada kemampuan organ intim menghasilkan sperma dan hormon testosteron.

3. Nyeri saat ereksi

Pria yang merasa nyeri saat ereksi bisa jadi mengalami kondisi bernama priapism. Ini terjadi ketika aliran darah pada penis terganggu sehingga darah terperangkap di penis menimbulan ereksi yang 'permanen'. Bisa terjadi pada pria yang sembarangan mengonsumsi obat-obatan untuk disfungsi ereksi.

dr Kohler menyebut rasa nyeri muncul karena darah yang terperangkap membuat penis menjadi kekurangan oksigen. Disarankan segera mencari bantuan medis.

4. Sakit pada kulup

Bagi pria yang tidak disunat, kadang rasa nyeri bisa muncul pada area kulup penis. Pada anak-anak penyebabnya bisa karena ia terlahir dengan kulit kulup yang lebih kencang (phimosis) dan pada orang dewasa bisa karena kulit kulup penis yang tertarik tak bisa kembali ke posisi semula (paraphimosis).

Paraphimosis bisa menyebabkan kulup jadi bengkak dan mengganggu aliran darah ke bagian ujung penis. Dampaknya bisa terjadi kematian jaringan.

5. Testis tiba-tiba sakit

Bila testis tiba-tiba saja terasa nyeri hebat, kadang disertai pusing dan mual, bisa jadi ini karena kondisi testis terpelintir atau testicular torsion.

dr Kohler menjelaskan testis terhubung memiliki pada tubuh lewat 'tali'. Nah, tali ini yang kemudian karena berbagai sebab terpuntir sehingga aliran darah dan oksigen ke testis jadi terputus.

"Anggap seperti testis kamu mengalami sakit jantung," kata dr Kohler.

Biasanya testis yang melintir dapat pulih kembali tanpa bantuan apapun. Namun, bila beberapa jam nyeri masih terasa maka langsung cari bantuan medis untuk menghindari risiko kerusakan permanen pada organ intim.



Simak Video "Update! Wisma Atlet Buka Tower Baru untuk Isolasi Pasien OTG"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)