Selasa, 23 Jun 2020 21:00 WIB

5 Alasan Harus Sering-sering Peluk Pasangan

Anjar Mahardhika - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Pelukan punya banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Berpelukan merupakan cara seseorang untuk mengekspresikan bentuk cinta kepada pasangan. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kesenangan dalam diri kamu dan pasangan.

Tidak hanya untuk kesenangan, berpelukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat berpelukan bagi kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan stres

Ketika kamu berpelukan dengan orang yang disayang, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dapat membuat kamu merasa lebih tenang dalam menghadapi stres. Selain itu, berpelukan dapat menurunkan tekanan darah, bahkan dapat menurunkan hormon kortisol dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian dari University of North Carolina-Chapel Hill menemukan bahwa berpelukan sambil berpegangan tangan dan menonton video selama 10 menit bagus untuk kesehatan jantung. Sebab, berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Jadi, melakukan cuddle dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu tidur pulas

Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh saat berpelukan banyak memiliki manfaat. Salah satunya dapat membuat tidur lebih pulas. Sebab, efek dari hormon ini yang dapat menenangkan seseorang.

4. Mempererat hubungan

Saat melakukan pelukan, hormon oksitosin yang dilepas tubuh juga dapat mempererat hubungan ibu dan bayi mereka. Selain itu, cuddle juga dapat membantu mempererat hubungan kamu dengan pasangan lebih romantis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya oksitosin, berpelukan juga melepaskan hormon bahagia atau yang biasa disebut serotonin. Kedua hormon ini diketahui dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.



Simak Video "Tips Mengendalikan Asma di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)