Rabu, 01 Jul 2020 20:01 WIB

3 Fakta Orgasme Wanita, Salah Satunya Bisa Berlangsung Selama 2 Menit

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
fantasi seksual (Foto: iStock)
Jakarta -

Dibandingkan pria, wanita umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk orgasme saat bercinta.

Bahkan, menurut sebuah studi, wanita membutuhkan 10-20 menit untuk mencapai orgasme. Ini jelas berbeda dengan pria yang hanya butuh waktu empat menit saja untuk orgasme.

"Kita tahu bahwa ini ada hubungannya dengan bagaimana seseorang bisa terangsang dan seberapa kuat stimulasi yang diberikan," kata profesor kebidanan klinis dan ginekologi di Northwestern University, Lauren Streicher, MD, dikutip dari Health.

Terkait hal ini, berikut 3 fakta orgasme wanita yang perlu kamu tahu.

Baca juga: 5 Posisi Bercinta yang Energinya Bikin Pria Cepat Kurus

1. Wanita lebih mudah orgasme jika dirangsang klitorisnya

Streicher mengatakan, ada sekitar 6.000 sampai 8.000 ujung saraf pada klitoris. Karena itu, wanita akan lebih mudah mencapai orgasme jika dirangsang klitorisnya.

Sebuah studi terbaru yang telah diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy menemukan bahwa hanya 18 persen wanita yang mengalami orgasme dari penetrasi.

"Intinya, mayoritas wanita akan sulit mencapai orgasme bila hanya mengandalkan penetrasi saja, tetapi juga dibutuhkan stimulasi klitoris," ucap Streicher.

2. Wanita bisa mengalami multiple orgasme

Wanita memang sulit orgasme, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa mengalami multiple orgasme saat bercinta. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 800 wanita, sebanyak 43 persen dari mereka mengaku mengalami multiple orgasme atau orgasme berulang saat berhubungan seks.

"Beberapa wanita dapat mengalami orgasme yang panjang, itu terjadi ketika kamu merasakan adanya kontraksi yang begitu kuat pada panggulmu dan itu berlangsung dalam waktu yang lama," jelas Streicher.

3. Orgasme wanita bisa berlangsung hingga dua menit

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan durasi orgasme pada wanita. Ada yang menyebut hanya 3-15 detik, tetapi ada juga yang menemukan orgasme wanita bisa berlangsung selama 20 detik hingga 2 menit.

Berdasarkan data dari jurnal Ceskoslovenska Psychiatrie, sekitar 40 persen wanita memiliki orgasme 30-60 detik dan 48 persen lainnya mengalami orgasme yang lebih panjang.

"Beberapa wanita mengalami orgasme yang singkat. Sementara yang lain bisa berlangsung lebih lama," tutur Streicher.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)