Sabtu, 11 Jul 2020 21:45 WIB

Samakah Orgasme pada Pria dan Wanita? 5 Fakta Ini Akan Menjawabnya

Elsa Himawan - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Orgasme pada wanita dan pria punya perbedaan sekaligus kemiripan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Beberapa pasangan mungkin pernah mengeluh terkait orgasme. Terlebih jika pria sudah lebih dahulu orgasme sementara sang wanita masih berada di tahap menuju orgasme.

Pada umumnya, wanita memang lebih sulit meraih orgasme dibandingkan pria. Hal ini menjadikan salah satu ciri perbedaan orgasme antara pria dan wanita.

Tapi ternyata tidak dalam semua hal orgasme pada pria dan wanita berbeda, ada juga kesamaannya. Apa saja?

Berikut rangkumannya.

1. Wanita lebih lama mencapai orgasme dibanding pria

Menurut Alan Fogel, penulis 'Male and Female Orgasm: Not so Different', dikutip dari Psychology Today, wanita memiliki ketidakmampuan untuk mencapai orgasme sedangkan pria memiliki orgasme yang cukup prematur. Hal ini dikarenakan pria jauh lebih menyukai seks ketimbang wanita.

2. Orgasme pada wanita memiliki durasi lebih panjang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa durasi orgasme pada wanita bisa berlangsung hanya 3-15 detik, tetapi ada juga yang mencapai 20 detik hingga 2 menit. Berdasarkan data dari jurnal Ceskoslovenska Psychiatrie, sekitar 40 persen wanita memiliki orgasme 30-60 detik dan 48 persen lainnya mengalami orgasme yang lebih panjang.

3. Wanita bisa multi orgasme

Meskipun wanita sulit mengalami orgasme, tetapi mereka mampu mengalami multiple orgasm atau orgasme berulang kali. Menurut Lauren Streicher, MD, yang merupakan seorang profesor kebidanan klinis dan ginekologi di Northwestern University, beberapa wanita mengalami orgasme cukup panjang. Hal ini terjadi ketika mereka merasakan adanya kontraksi yang begitu kuat pada panggul dan itu berlangsung dalam waktu yang lama.

4. Pria dapat orgasme hanya dengan cara visual

Berbeda dengan wanita yang mengalami orgasme lewat sentuhan, seperti ciuman, pelukan, dan pijatan, pria mampu mencapai orgasme hanya lewat penglihatan dan pendengaran saja.

Menurut Alan Fogel, pria jauh lebih memikirkan hubungan seks itu sendiri. Berbeda dengan wanita yang lebih menyukai diajak bicara, disentuh, dan merasa disayangi terlebih dahulu sebelum bercinta.

5. Pria juga bisa merasakan orgasme puting

Selama ini, sejumlah pengalaman orgasme lewat puting hanya dialami oleh wanita saja. Namun, pria juga mampu merasakan orgasme melalui puting, dengan cara meminta pasangannya untuk merangsang putingnya saat sedang berhubungan seksual.

Ahli seks dan psikolog klinis Janet Brito, PhD mengatakan bahwa untuk merangsang puting bisa diawali dengan memberikan sentuhan ringan dengan menggunakan jari. Setelah itu, coba beri pijatan halus di seluruh area dada pria sebelum nantinya berfokus pada putingnya.

Selebihnya, kamu harus menanamkan pemikiran bahwa orgasme yang baik terjadi bila puncak kenikmatannya bisa dirasakan oleh kedua belah pihak. Oleh karena itu, komunikasikan kepada pasanganmu agar saling terbuka mengenai hubungan seksual seperti apa yang diinginkan masing-masing.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)