Minggu, 19 Jul 2020 20:00 WIB

Terpopuler Sepekan

Jangan Buru-buru Pakai Celana Dalam Sehabis Bercinta, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Kebiasaan sehat setelah bercinta. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Organ intim adalah salah satu area tubuh yang kebersihannya harus terjaga dengan baik. Jika tidak, area tersebut rawan terjadi infeksi yang disebabkan kuman atau bakteri yang berkembang di area tersebut.

Saat infeksi terjadi karena kuman atau bakteri yang masuk ke daerah vagina dampaknya beragam, salah satunya memicu keputihan. Untuk mencegahnya, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina setelah berhubungan seks.

1. Buang air kecil

Pasca bercinta, usahakan buang air kecil. Dengan cara itu, urine yang keluar akan membantu mengeluarkan bakteri yang ada di dalam uretra. Jangan lupa juga membersihkannya dengan benar setelah buang air kecil.

Jika bakteri tersebut tidak dibersihkan, bisa menimbulkan infeksi saluran kemih. Ini bisa terjadi saat bakteri tidak sengaja terdorong masuk ke dalam uretra saat bercinta.

2. Bersihkan vagina dengan kain kering

Setelah berhubungan seks, tubuh dan organ intim pasti akan basah karena keringat serta cairan vagina yang keluar. Untuk membersihkannya, bisa dengan handuk kering atau kertas toilet. Jika kondisi vagina lembab, bakteri akan dengan mudahnya berkembang biak.

3. Jangan langsung pakai celana dalam

Ternyata, setelah berhubungan seks lebih baik tidak langsung memakai celana dalam. Ini bisa mengurangi risiko terinfeksi bakteri dan memberikan udara agar vagina tidak lembab.

4. Perhatikan hal aneh yang terasa pada vagina

Ketika selesai bercinta, perhatikan hal-hal aneh yang mungkin saja terjadi pada vagina. Misalnya seperti gatal, sakit, bahkan sampai pendarahan.

Perhatikan juga seberapa lama rasa yang aneh pada vagina tersebut terjadi. Dengan ini, kamu bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan pada vagina sebelum terlambat.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)