Selasa, 21 Jul 2020 22:05 WIB

Harus Banget Pipis Sehabis Bercinta? Ternyata Ini Alasannya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Haruskah buang air kecil sehabis bercinta? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Banyak yang menyarankan buang air kecil sehabis bercinta agar tidak terkena infeksi saluran kemih. Namun ada juga yang mengatakan itu cuma mitos, karena yang terpenting adalah menjaga area intim selalu bersih.

Alyssa Dweck, MD, spesialis Obstetri dan Ginekologi di Mount Kisco, New York, dikutip dari Insider, mengatakan bahwa manfaat dari buang air kecil atau kencing setelah berhubungan seksual dapat membantu mengurangi terkena risiko infeksi saluran kemih (ISK).

"Dengan buang air kecil sebelum dan sesudah dan hubungan seks, aliran urine secara otomatis membersihkan bakteri yang bisa masuk ke uretra, tempat Anda buang air kecil. Selain itu, kencing sebelum bercinta juga bermanfaat mengosongkan kantong kemih sehingga memberikan kenyamanan saat berhubungan seksual," ucap Dweck.

Bagi wanita buang air kecil atau kencing setelah berhubungan seksual sangat penting, karena uretra di vagina sangat dekat dengan anus sehingga jika melakukan hubungan seksual dengan banyak posisi akan membuat bakteri bergerak naik ke uretra dan masuk ke kandung kemih.

"Dalam anatomi tubuh wanita, uretra, vagina, dan rektum semuanya berdekatan satu sama lain sehingga ada kemungkinan lebih tinggi terkena risiko bakteri karena daerah dubur mendekati uretra Anda saat berhubungan seks. Jadi, dengan kencing dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi peluang terkena infeksi saluran kemih," jelas Dweck.

Meskipun tidak ada penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi bahwa kencing setelah berhubungan seks dapat mencegah ISK. Namun, tidak ada salahnya melakukan hal ini karena dapat mengurangi risiko ISK terutama pada wanita dan orang-prang yang lebih rentan terkena ISK.



Simak Video "Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)