Kamis, 23 Jul 2020 21:39 WIB

3 Mitos Sperma yang Kebangetan Banget Kalau Masih Dipercaya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sperma Mitos-mitos tentang sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Berbagai mitos tentang sperma masih saja beredar dan dipercaya oleh sebagian orang. Meski dibumbui penjelasan yang seolah-olah masuk akal, sesungguhnya mengandung banyak hal yang menyesatkan.

Dr Will Kirby, praktisi dermatologi klinis dan kosmetik di Los Angeles, menjelaskan bahwa sperma memang mengandung protein. Namun bukan berarti bisa dijadikan sumber asupan protein, terlebih jika diklaim bermanfaat untuk perawatan kulit.

"Tidak ada bukti semen (sperma) memiliki manfaat bagi kulit," jelasnya, dikutip dari Popculture.

Dijelaskan, banyak orang mengalami alergi gara-gara termakan mitos tentang perawatan kulit dengan sperma. Nah sebelum terjerumus, ketahui 3 fakta di balik mitos sperma yang masih banyak dipercaya.

1. Sperma dapat menghilangkan jerawat

Pada umumnya sperma diyakini mengandung antioksidan dan anti-inflamasi (mengurangi peradangan) yang dapat meghilangkan noda di dalam wajah khususnya untuk jerawat. Namun, faktanya tidak ada bukti tentang hal tersebut.

2. Sperma mencegah penuaan dini

Di dalam sperma mengandung spermina yang dipercaya baik untuk wajah. Sebuah studi yang diterbitkan Nature Cell Biology, dikutip dari Healthline, menyatakan bahwa menyuntikkan spermina langsung ke dalam sel dapat memperlambat proses penuaan. Tetapi tidak ada hasil yang nyata untuk membuktikan pernyataan tersebut.

3. Sperma dapat mencerahkan wajah

Dr Kirby mengatakan bahwa air mani sebenarnya dapat membahayakan jika dioleskan pada tubuh. Menggosok sperma pada kulit bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Justru mengoleskan sperma ke wajah dapat menularkan penyakit seperti infeksi menular seksual (IMS). Seperti yang dikatakan Dr Kirby pada Popoculture bahwa IMS (Infeksi Menular Seksual) dapat menular melalui bibir, lubang hidung, dan mata.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)