Sabtu, 25 Jul 2020 19:09 WIB

Pakai Bra Saat Tidur Cegah Payudara Kendur? Cek 4 Mitos dan Faktanya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
diskon berdasarkan ukuran payudara 4 mitos dan fakta soal payudara. (Foto ilustrasi: Istimewa)
Jakarta -

Wanita pada umumnya tentu ingin bentuk payudara tetap kencang dan tidak kendur. Banyak faktor yang diklaim selama ini bisa menyebabkan payudara kendur.

Namun, ternyata banyak mitos yang beredar terkait payudara kendur. Salah satunya menyusui disebut menyebabkan payudara kendur, ini adalah mitos belaka.

Dikutip dari Prevention, berikut 4 mitos dan fakta seputar payudara kendur.

1. Menyusui dapat menyebabkan payudara kendur

Tidak benar. Menurut sebuah penelitian Journal Aesthetic Surgery tahun 2008, menyusui bukanlah faktor risiko kendurnya payudara.

"Payudara bertambah besar dengan kehamilan dan akan tetap membesar dengan menyusui, tetapi mereka perlahan menyusut kembali setelah seorang wanita selesai menyusui, penurunan berat badan membuat payudara itu kendur," kata Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine.

2. Tidak pakai bra saat tidur bikin payudara kendur

Selama ini masih ada yang percaya mengenakan bra saat tidur mencegah payudara kendur, tetapi sama sekali tidak ada bukti yang menyebut hal tersebut benar adanya. Namun mengenakan bra khusus saat olahraga adalah hal yang tepat.

Dipastikan, tidak ada data yang menunjukkan bahwa bra tertentu seperti bra push-up mencegah payudara kendur, atau jenis bra tertentu dapat menyebabkan kendur.

3. Olahraga tertentu dapat mengencangkan payudara

Menurut Deborah Axelrod, MD, direktur medis dari layanan payudara klinis dan program payudara dari New York University Langone Medical Center, dikutip dari Prevention, hal ini tidak sepenuhnya salah. Melakukan olahraga khusus untuk otot-otot di bagian dada, khususnya otot utama yang terletak tepat di bawah payudara, dapat membantu mengangkat payudara tetapi tidak dapat menargetkan seberapa kencangnya payudara.

4. Payudara kecil tidak dapat kendur

"Memang benar bahwa secara umum payudara kecil sedikit mengalami kendur daripada yang lebih besar karena lebih sedikit jaringan yang ketarik ke bawah," kata Dr Minkin, dikutip dari Prevention.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)