Selasa, 21 Jul 2020 21:00 WIB

4 Alasan Tidur Tidak Pakai Bra Lebih Menyehatkan

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Ilustrasi tidur Ilustrasi tidur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov)
Jakarta -

Memakai bra atau tidak saat tidur masih menjadi dilema para wanita. Khususnya bagi yang belum menikah, ada kekhawatiran melepas bra saat tidur malah membuat payudara menjadi kendur.

Dikutip dari Cosmopolitan, Dr Seth Rankin dokter umum di London, menjelaskan bahwa penyebab kendurnya payudara tidak bergantung pada pemakaian bra atau tidak. Ada beberapa faktornya, seperti kehamilan, menyusui, genetika, dan penurunan berat badan secara drastis.

"Sangat sulit untuk mengatakan efek mengenakan bra saat tidur membuat payudara menjadi kendur, karena masih banyak faktor lain yang memiliki efek yang jauh lebih masuk akal," ucap Dr Rankin.

Mengenakan bra saat tidur malah memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut 4 masalah kesehatan yang bisa dialami saat kamu memutuskan tidur pakai bra.

1. Menghambat sirkulasi pernapasan

Salah satu efek negatif menggunakan bra saat tidur adalah menghambat sirkulasi pernapasan, karena selama tidur kawat bra menempel ketat pada tubuh sehingga membatasi otot-otot dada untuk bernapas. Hal ini akan membatasi aliran darah saraf yang ada di lengan.

Selain itu, mengenakan bra yang sangat ketat seperti bra olahraga dapat berbahaya pada payudara karena berisiko membatasi sirkulasi darah ke payudara.

2. Gelisah saat tidur

Sama seperti mengenakan pakaian yang ketat dapat menyebabkan kegelisahan, begitu juga dengan mengenakan bra yang ketat dapat menyebabkan dada terasa sesak dan membuat tidur tidak nyenyak sehingga mempengaruhi kualitas tidur.

3. Iritasi kulit

Saat tidur sebagian orang akan bergerak secara bebas dengan begitu tali bra akan bergesekan pada kulit yang menyebabkan gatal dan berisiko terkena iritasi kulit.

4. Perubahan warna kulit

Mengenakan bra saat tidur di malam hari, terutama bra yang ketat dapat menyebabkan gesekan yang merusak area kulit, sehingga terjadinya perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi akan memunculkan bintik-bintik gelap pada payudara.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)