Senin, 20 Jul 2020 20:11 WIB

Selalu Terbangun Tengah Malam? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Teenage Boy Waking up in the Morning Yawning Siapa yang suka bangun tidur tengah malam? (Foto: iStock)
Jakarta -

Tubuh perlu tidur yang berkualitas untuk memulihkan kondisi kebugaran. Namun tak jarang, kualitas tidur terganggu karena mendadak terbangun tanpa sebab pada waktu-waktu yang tidak diharapkan, misalnya tengah malam.

Dikutip dari Huffpost, 67 persen orang dewasa di seluruh dunia terbangun setidaknya sekali pada malam hari. Bukan sesuatu yang mengkhawatirkan sebenarnya, tetapi sangat mengganggu kualitas istirahat.

Dampaknya apa sih? Tentu saja karena tidurnya tidak berkualitas, keesokan paginya tidak bisa bangun tidur dalam kondisi bugar.

Berikut ini 3 kemungkinan penyebab seseorang selalu terbangun tengah malam.

1. Jadwal tidur yang konsisten

Dikutip dari Verrywellhealth, jam tidur yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh memiliki alarm tersendiri untuk terbangun karena kemungkinan besar terkait dengan kenyataan bahwa seseorang tidur pada waktu yang hampir bersamaan setiap malam.

2. Pikiran yang stres

Adanya rasa cemas dan khawatir yang membuat orang stres sebelum tidur akan membuat seseorang tidur dengan keadaan tidak rileks. Hal ini akan mengakibatkan seseorang akan terbangun beberapa kali sepanjang malam.

"Jika Anda terbangun dan mengalami kekhawatiran, kecemasan, atau frustasi, kemungkinan Anda telah mengaktifkan sistem saraf simpatik Anda," kata Dr Alexa Kane, PsyD, seorang psikolog dan pakar tidur, dikutip dari Health.clevelandclinic.

3. Lapar

Mengalami kondisi yang terlalu lapar dapat menyebabkan seseorang tidak terlelap dari tidurnya sehingga akan mengalami kesulitan tidur di tengah malam.



Simak Video "Biar Nggak Tegang, Petugas Damkar Swab Test Diiringi Musik Dangdut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)