Kamis, 16 Jul 2020 20:00 WIB

3 Alasan Tidur Tanpa Celana Dalam Dianggap Lebih Menyehatkan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi tidur Tidur tanpa celana dalam diklaim lebih menyehatkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tidur tanpa celana dalam mungkin terdengar tidak biasa bagi sebagian orang. Namun, tidur tanpa celana dalam disebut-sebut memiliki beragam manfaat kesehatan.

Mulai dari mencegah infeksi hingga menghindari bakteri berkembang biak pada area intim. Berikut 3 alasan mengapa kamu harus coba tidur tanpa celana dalam malam ini, dikutip dari berbagai sumber.

Benarkah tidur tanpa celana dalam baik bagi kesehatan?

Dikutip dari Glamour, para ahli menyebut tidur tanpa celana dalam baik bagi kesehatan area intim wanita. Pakai celana dalam terlalu ketat saat tidur malah menyebabkan daerah vagina menjadi lembap. Hal ini bisa membuat bakteri jahat berkembang biak di area vagina.

"Membiarkan daerah itu untuk mendapatkan udara membantu membuatnya tetap kering dan bersih," kata ahli kandungan dr Herta.

Mengapa tidur tanpa celana dalam baik untuk kesehatan?

Tidur tanpa celana dalam disebut mengurangi kemungkinan iritasi dan cedera pada area intim pria maupun wanita. Iritasi dan cedera ini dapat menyebabkan infeksi jika sering terjadi atau tidak segera diobati.

Jika merasa kurang nyaman saat tidur tanpa celana dalam, disarankan untuk mengenakan celana pendek yang longgar dan nyaman tanpa celana dalam. Hal ini bisa mengurangi gesekan pada di sekitar area intim.

Memangnya buruk ya tidur pakai celana dalam?

Tidur dengan celana dalam dapat mempengaruhi kesuburan dan meningkatkan risiko infeksi. Bagi pria, tidur dengan celana dalam yang ketat bisa berisiko menyebabkan komplikasi pada kesuburan mereka.

Penelitian dari Universitas Sheffield dan Universitas Manchester menemukan bahwa celana dalam yang ketat memiliki dampak pada kesuburan. Mereka yang mengenakan celana pendek yang longgar ternyata memiliki jumlah sperma berkualitas lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memakai celana dalam yang ketat.

"Saya sering memberi tahu pasien saya untuk tidur tanpa pakaian dalam," jelas pakar ginekologi, Dr Alyssa Dweck, dikutip dari The Sun.

"Jika (area) terus tertutup, terutama oleh kain yang tidak menyerap kelembapan atau menyerap dapat menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri," lanjut Alyssa.

Bagaimana detikers, pilih tidur pakai celana dalam atau tidak malam ini?



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)