Sabtu, 25 Jul 2020 20:36 WIB

Miss V Tiba-tiba Berdenyut? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi vagina Penyebab miss V tiba-tiba berdenyut. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Daerah vagina yang berdenyut mungkin akan menimbulkan rasa kaget sekaligus khawatir karena vagina merupakan area yang sensitif bagi wanita.

Jika mengalami hal tersebut, sebagian wanita mungkin akan langsung mencurigai ada masalah kesehatan.

Dikutip dari Medicalnewstoday, berdenyutnya vagina masih menjadi hal yang misterius, tetapi masalah tersebut sangat normal terjadi pada wanita sehingga tidak perlu terlalu khawatir. Berikut penyebab vagina tiba-tiba berdenyut.

1. Disfungsi dasar panggul

Dasar panggul merupakan lapisan otot yang menghubungkan tulang panggul ke pangkal tulang belakang. Pada wanita, otot-otot dasar panggul juga menopang rahim dan mengelilingi area vagina. Istilah disfungsi dasar panggul (pelvic floor dysfunction atau PFD) menggambarkan penurunan kontrol otot-otot dasar panggul.

PFD dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kejang otot. Ketika otot-otot dasar panggul kejang, terasa seperti ada getaran di vagina.

2. Kejang otot

Kejang otot adalah kontraksi tiba-tiba atau tidak disengaja yang disebabkan satu atau lebih otot yang ada di dalam tubuh. Ketika terjadi kejang otot, wanita dapat merasakan sensasi getaran atau seperti berdenyut.

3.Vaginismus

Vaginismus adalah kondisi kesehatan yang melibatkan kejang otot-otot dasar panggul di sekitar vagina. Ini dapat menyebabkan rasa sakit pada lubang vagina.

Lantas, kapan kita harus ke dokter?

Segera ke dokter jika sensasi getar di vagina menjadi lebih sering atau intens dan sensasi tersebut disertai dengan gejala lain seperti berikut.

1. Rasa sakit selama hubungan seksual
2. Rasa sakit saat buang air kecil
3. Keluar darah dalam urine
4. Keputihan secara berlebihan
5. Nyeri di daerah panggul
6. Terjadi pendarahan di vagina



Simak Video "Cara Atasi Nyeri Leher dan Lutut saat Work From Home"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)