Kamis, 13 Agu 2020 19:30 WIB

Bahaya Onani, Berkurangnya Sensasi Saat Bercinta hingga Ketergantungan

Rosmha Widiyani - detikHealth
ilustrasi masturbasi Foto: ilustrasi/thinkstock/Bahaya Onani, Berkurangnya Sensasi Saat Bercinta hingga Ketergantungan
Jakarta -

Onani adalah suatu praktik stimulasi organ seks atau alat kelamin oleh diri sendiri, yang biasa disebut juga masturbasi. Proses merangsang bisa dengan menyentuh, memijat, atau menggunakan alat tertentu hingga mencapai kepuasan seks tanpa berhubungan kelamin.

Dikutip dari Medical News Today, praktik onani bukan hal asing bagi perempuan dan laki-laki yang telah mencapai kematangan seks. Secara umum efek samping yang mengganggu secara fisik sangat minim, namun bukan berarti tidak ada bahaya onani.

Berikut bahaya onani:

1. Risiko berkurangnya sensasi saat bercinta

Bahaya onani ini bisa terjadi pada pria yang melakukan praktik ini terlalu intens atau sering, yang kadang mengakibatkan luka pada Mr P. Jika kondisi ini dialami, pria sebaiknya segera berbicara dengan pasangan atau mengkonsultasikannya ke dokter. Pertimbangan dari dokter dan pasangan bisa mencegah risiko berkurangnya sensasi ketika bercinta dengan istri.

2. Risiko ketergantungan atau adiksi

Bahaya onani lainnya adalah ketergantungan atau adiksi yang sebaiknya segera dikonsultasikan pada tenaga kesehatan. Beberapa tanda yang bisa diwaspadai adalah:

a. Onani mulai mengganggu aktivitas sehari-hari dan lingkungan sosial

b. Ketinggalan jadwal sekolah, kuliah, kerja, atau peristiwa penting lainnya

c. Mengganggu pemenuhan tanggung jawab dan hubungan dengan pasangan

d. Menjadi jalan keluar saat mengalami masalah hubungan dengan pasangan atau dalam kehidupan sehari-hari

3. Risiko terkena penyakit infeksi

Kondisi ini dialami jika sex toys atau tangan untuk menyentuh alat kelamin dalam kondisi kotor. Untuk menghindari bahaya onani ini, tangan dan sex toys yang digunakan harus selalu bersih dan bebas virus atau bakteri. Risiko lain adalah terganggunya aliran darah dan sistem saraf saat pria memegang Mr P terlalu keras saat onani.

Selain yang telah disebutkan, beberapa kondisi lain kerap dikatakan sebagai bahaya onani. Misalnya penurunan jumlah sperma, impoten, dan buta. Bahaya onani ini ternyata mitos sehingga tak perlu dikhawatirkan bisa terjadi.

Berikut bahaya onani yang merupakan mitos:

1. Telapak tangan berambut

2. Disfungsi ereksi

3. Ukuran Mr P makin kecil

4. Mr P patah

5. Infertil

6. Penyakit mental

7. Fisik yang makin lemah



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)