Minggu, 16 Agu 2020 19:30 WIB

Masturbasi Saat Sudah Menikah Normal atau Tidak? Ini Kata Ahli

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Masturbasi setelah menikah normal nggak sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Masturbasi atau onani diketahui bermanfaat asal tidak dilakukan secara berlebihan. Namun, tidak sedikit yang menganggap seseorang melakukan masturbasi saat sudah menikah tidak wajar.

Ahli psikoterapis dan kesehatan mental dari Universitas New England, Amy Morin, LCSW, menjelaskan masturbasi itu normal, sehat, dan malah bisa bermanfaat. Bahkan bila dilakukan oleh seseorang yang sudah menikah.

"Meski sudah menikah, ingatlah, melakukan masturbasi itu sehat selama perilaku tersebut tidak mengganggu keintiman seksual yang Anda miliki dengan pasangan," tegas Amy, seperti dikutip dari Very Well Mind.

Namun, bagaimana jika pasangan kecewa saat mengetahui kamu melakukan onani atau masturbasi?

Menurut Amy, meskipun masturbasi adalah hal wajar dan memiliki manfaat bagi tubuh, kamu tetap harus membicarakannya bersama pasangan. Hal ini demi menghindari kesalahpahaman antara kamu dan pasangan, sehingga tidak memicu konflik dalam hubungan.

Masturbasi masih dinilai wajar kala tidak dilakukan secara berlebihan. Lantas bagaimana mengetahui seseorang melakukan masturbasi secara berlebihan?

Para ahli sepakat masturbasi yang berlebihan bisa dilihat dari dampak aktivitas seksual tersebut. Seperti, membuat kamu meninggalkan banyak pekerjaan karena terus memikirkan masturbasi atau lebih memilih masturbasi daripada bercinta dengan pasangan.

Hal-hal tersebut perlu diwaspadai sebagai tanda bahwa masturbasi yang kamu lakukan sudah berlebihan.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)