Sabtu, 22 Agu 2020 19:01 WIB

4 Penyebab Miss V Kering Saat Bercinta, Termasuk 'Pemanasan' Tak Maksimal

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi vagina 4 penyebab vagina kering saat bercinta. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Vagina kering menjadi salah satu masalah saat bercinta. Banyak yang akhirnya menggunakan pelumas untuk mengatasi vagina kering, agar lebih nyaman saat bercinta.

Namun, ada beberapa faktor yang membuat area intim wanita kering ketika berhubungan seks dengan pasangan. Catat penyebab vagina kering menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan Jessica Shepherd dikutip dari laman Women's Health.

1. Produksi cairan lubrikasi alami sedikit

"Setiap wanita memiliki tingkat basah yang berbeda-beda saat berhubungan seksual. Sama seperti orang yang berkeringat, ada yang banyak, ada yang sedikit, meskipun sama-sama bersepeda," kata Shepherd.

2. Sesi pemanasan tidak maksimal

"Jika wanita mengeluhkan berkurangnya cairan lubrikasi, hal pertama yang akan saya tanyakan adalah sudahkah cukup sesi foreplay-nya?" jelas profesor obstetri dan ginekologi dari Yale School of Medicine, Amerika Serikat, Jane Minkin.

3. Menyusui

Tubuh bisa saja mengalami perubahan hormon saat menyusui. Saat menyusui hormon prolaktin meningkat. Hal ini mempengaruhi kekeringan pada vagina. "Kondisi ini menekan hormon estrogen, yang membuat area vagina kering," kata Minkin.

Solusinya, kamu bisa menggunakan pelumas setelah melahirkan.

4. Merokok

Salah satu efek buruk dari merokok adalah bisa membuat aliran darah menurun. Hal ini juga mempengaruhi produksi cairan lubrikasi alami dalam tubuh seperti disampaikan Shepherd.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)