Minggu, 23 Agu 2020 04:51 WIB

5 Fakta Ereksi di Pagi Hari, Termasuk Hubungannya dengan Impotensi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi ereksi Ereksi di pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Para pria pasti pernah atau bahkan sering mengalami bangun pagi dengan kondisi Mr P berdiri. Tidak selalu karena ada peningkatan libido, hal itu bisa terjadi begitu saja meski tidak sedang memikirkan yang tidak-tidak.

Ereksi yang seperti ini biasa disebut ereksi spontan. Normal terjadi di pagi hari dan juga di malam hari ketika tidur. Hanya saja, mungkin tidak disadari.

Ada banyak hal yang bikin penasaran seputar ereksi di pagi hari, beberapa di antaranya sebagai berikut dikutip dari clevelandclinic.

1. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ereksi spontan sebenarnya terjadi sepanjang malam saat tidur. Bisa terjadi beberapa kali, salah satunya adalah yang disadari ketika bangun tidur. Ini terjadi karena aktivitas saraf parasimpatis.

2. Apa penyebabnya?

Ada banyak teori yang menjelaskan aktivitas saraf parasimpatis. Sistem ini aktif ketika tidur memasuki fase REM (Rapid Eye Movement), biasanya terjadi ketika mulai bermimpi.

Kandung kemih yang penuh selama tidur juga bisa menekan dan merangsang saraf pembangkit ereksi.

3. Siapa saja yang mengalami?

Siapapun yang fungsi ereksinya normal, bisa mengalaminya. Bahkan janin dalam kandungan sekalipun bisa mengalami.

4. Hubungannya dengan disfungsi ereksi?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi disfungsi ereksi, bisa faktor saraf, sistem pembuluh darah, dan faktor psikologis. Seseorang yang mengalami disfungsi ereksi karena faktor psikologis, umumnya masih bisa mengalami ereksi di pagi hari.

5. Kapan ereksi di pagi hari perlu diwaspadai?

Priapisme adalah kondisi yang membuat ereksi tidak kunjung berhenti, kadang bisa bersifat permanen. Selain menyakitkan, kondisi ini juga berisiko merusak sistem saraf. Segera hubungi dokter jika ereksi di pagi hari tidak mereda hingga waktunya sarapan.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)