Minggu, 23 Agu 2020 19:31 WIB

Miss V Kering Bikin Tersiksa Saat Bercinta? 5 Asupan Ini Bisa Mengatasinya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Ilustrasi perawatan vagina Ilustrasi perawatan vagina. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Vagina kering disebabkan oleh penurunan kadar estrogen yang mengurangi tingkat kelembapan vagina sehingga produksi lendir berkurang. Vagina kering akan menimbulkan rasa tak nyaman dan sakit saat bercinta.

Beberapa wanita menggunakan pelumas untuk mengatasi vagina kering. Namun, sayangnya pada beberapa orang penggunaan pelumas bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan vagina.

Tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, ada 5 jenis makanan yang bisa dikonsumsi, yaitu sebagai berikut:

1. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang berguna bagi kesehatan. Bakteri baik dalam yogurt dapat menjaga pH atau kadar keasaman pada organ intim agar tetap sehat dan segar, serta membantu vagina memproduksi lendir yang cukup saat sedang terangsang.

2. Salmon

Dikutip dari Eatthis, sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan kaya omega-3 seperti ikan salmon memiliki risiko 22 persen lebih kecil terkena endometriosis (jaringan rahim tumbuh di luar rahim). Selain itu, kandungan omega-3 meningkatkan kadar estrogen yang dapat mengatasi masalah vagina kering.

3. Pisang

Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi dapat mengurangi aliran darah pada organ intim, sehingga membuat orgasme lebih sulit dan vagina menjadi kering. Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin akan menetralisir kandungan tersebut di dalam tubuh.

4. Kacang

Kandungan vitamin E pada kacang memiliki manfaat kesehatan wanita. Vitamin E dapat memperkuat dinding dan otot vagina dan memproduksi lendir pada vagina agar lebih basah saat bercinta.

5. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, mengkonsumsi ubi jalar dapat merangsang produksi hormon pelumas pada organ intim, sehingga mencegah vagina kering. Tidak hanya itu, ubi jalar juga dapat memperkuat jaringan otot pada dinding vagina agar kuat dan sehat.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)