Rabu, 26 Agu 2020 19:30 WIB

Mirip Lonceng dan Asimetris, Normalkah Jika Payudara Tak Bulat Sempurna?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi payudara Ilustrasi payudara. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Payudara wanita memiliki bentuk yang berbeda-beda. Bahkan bentuk antara payudara kanan dan kiri juga umumnya tidak terlihat persis sama.

Tidak sedikit yang akhirnya khawatir apakah bentuk payudaranya normal atau tidak. Namun, selama tidak menimbulkan rasa sakit, diyakini bentuk payudara wanita yang berbeda bisa dikatakan normal.

Berikut 12 jenis bentuk payudara normal pada wanita, dikutip dari Healthline.

1. Bulat dan penuh

Bentuk payudara satu ini paling banyak dimiliki para wanita. Bulat dan penuh, dengan puting berbentuk titik kecil.

2. Asimetris

Payudara asimetris artinya, wanita memiliki dua bentuk payudara berbeda. Bisa jadi yang kanan lebih besar daripada bagian kiri, begitu pula sebaliknya.

3. Atletis

Payudara atletis biasanya berbentuk lebih lebar, dengan lebih banyak otot, dan lebih sedikit jaringan lemak di payudara.

4. Bell shape

Payudara wanita ini memiliki bentuk yang menyerupai lonceng. Bagian atas cenderung sempit dan bagian bawah berbentuk bulat.

5. Close set

Bentuk payudara ini hampir tidak memiliki jarak di antara keduanya, hanya ada sedikit celah. Payudara dengan bentuk 'close set' ini umumnya memiliki jarak yang lebih jauh dari ketiak.

6. Berbentuk kerucut

Payudara ini memiliki bentuk yang cenderung kerucut. Umumnya dimiliki para wanita dengan payudara yang lebih kecil, dibandingkan payudara berukuran besar.

7. East-West

Bentuk 'east-west' yang dimaksud adalah payudara kanan dan kiri berjauhan. Puting dalam bentuk payudara ini biasanya mengarah ke luar, jauh dari bagian tengah tubuh para wanita.

8. Relaxed

Bentuk payudara wanita ini biasanya lebih longgar dan putingnya mengarah ke bagian bawah.

9. Bulat

Payudara ini biasanya berbentuk bulat dan penuh. Baik di bagian atas maupun bawah berbentuk bulat dan penuh.

10. Side set

Bentuk payudara ini saling berjauhan, memberikan ruang yang cukup luas di antara payudara kiri dan kanan.

11. Ramping

Payudara ramping memiliki bentuk yang cenderung tidak terlalu penuh, dengan puting payudara mengarah ke bawah.

12. Teardrop

Bentuk payudara satu ini sebenarnya bulat, tetapi bagian bawahnya hanya sedikit lebih penuh daripada bagian atas payudara.

Berikut beberapa faktor yang menentukan payudara memiliki jenis berbeda:

- Bobot

Lemak adalah bagian besar dari jaringan dan kepadatan payudara wanita, jadi para wanita sangat mungkin melihat perbedaan dalam bentuk payudaranya saat berat badan bertambah atau berkurang.

- Olahraga

Sebagian payudara wanita mungkin terlihat lebih jika membangun otot di belakang jaringan payudara dengan memperkuat bagian dada.

- Usia

Payudara wanita secara alami akan mengendur seiring bertambahnya usia, sehingga seiring waktu, payudara wanita mungkin menjadi lebih panjang dan bergeser menghadap ke bawah.

- Kehamilan dan menyusui

Hormon wanita selama kehamilan dan menyusui dapat membuat payudara membengkak dan mengubah cara lemak dan jaringan pada seluruh bagian payudara wanita.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)