Kamis, 03 Sep 2020 13:09 WIB

Pria Ini Malah Jadi Botak Gara-gara Terlalu Semangat Olahraga

Ayunda Septiani - detikHealth
Close up man head of hair loss Aktivitas fisik berlebih dikaitkan dengan kebotakan pada pria (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nopphon Pattanasri)
Jakarta -

Seorang pria bernama Liu Liang dari Hunan, China mengalami kebotakan karena olahraga yang dilakukannya terlalu berlebihan. Kejadian ini terjadi dua tahun yang lalu ketika mulai pergi ke tempat gym.

Dikutip dari laman World Of Buzz, setelah enam bulan melakukan olahraga di tempat gym, pria 24 tahun tersebut menyadari bahwa ia kehilangan banyak rambut. Dia merasa sangat kesal dengan kenyataan bahwa dia menjadi botak bahkan sebelum dia mencapai tubuh yang diimpikannya.

Untuk mencari tahu apa penyebabnya, Liu berkonsultasi dengan dr Zhang Yu yang bekerja di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Chin Provinsi Hunan. Dokter mendiagnosisnya dengan androgenic alopecia.

Dikutip dari WebMD, androgenic alopecia adalah suatu kondisi yang bisa menyerang pria dan wanita. Pria dengan kondisi ini, mulai mengalami kerontokan rambut sejak usia remaja atau di umur awal 20-an, sementara itu wanita tidak mengalami penipisan rambut hingga usia 40-an atau lebih.

Dr Zhang melanjutkan, jika saat seseorang berolahraga maka produksi testosteronnya akan meningkat. Testosteron kemudian akan berubah menjadi dihidrotestosteron. Saat kadar dihidrotestosteron meningkat, ini memicu dan menyebabkan alopesia androgenik.

Setelah mengalami kebotakan, Liu kemudian berhenti berolahraga dan mulai untuk minum obat China dan pengobatan akupuntur. Saat melakukan pengobatan rambut Liu sudah tumbuh kembali.

Namun, awal tahun ini Liu kembali untuk olahraga dan menjadi botak lagi. Saat ini dia melakukan transplantasi rambut.



Simak Video "Protokol yang Harus Diperhatikan saat Nge-gym di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)