Sabtu, 05 Sep 2020 16:53 WIB

Dokter Ini Anjurkan Pakai Masker Saat Bercinta

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Bercinta pakai masker? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Seorang dokter di Kanada menyarankan untuk menghindari berciuman dan menggunakan masker saat berhubungan seksual. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Kanada, Dr Theresa Tam saat memberikan imbauan terkait keamanan dari Corona dalam berhubungan seksual.

"Kesehatan seksual adalah bagian yang penting dari kesehatan kita secara keseluruhan. Seks bisa menjadi rumit di masa COVID-19, terutama bagi mereka yang berhubungan intim dengan orang di luar lingkarang mereka," kata Tam, yang dikutip dari CNN, Sabtu (5/9/2020).

Menurutnya, risiko penularan akan semakin meningkat jika hubungan seks melibatkan pasangan baru atau yang tidak tinggal dalam satu rumah/lingkungan. Maka dari itu, menurut Tam aktivitas solo mungkin bisa jadi jalan alternatifnya.

"Risiko aktivitas seksual terendah selama COVID-19 adalah melibatkan diri sendiri," lanjutnya.

Menurut Tam, untuk mengurangi risiko penularan, hindari kontak atau bertatap muka secara dekat saat berhubungan intim dengan orang di luar lingkaran mereka. Bahkan Tan menganjurkan untuk menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut selama bercinta.

"Bukti saat ini menunjukkan kemungkinan bisa tertular COVID-19 melalui air mani atau cairan vagina sangat rendah. Namun, kontak dekat seperti berciuman dengan orang yang mungkin tidak bergejala bisa meningkatkan risiko tertular COVID-19," jelas Tan.

Tam juga menyarankan untuk menghindari hubungan seks jika salah satu pasangan menunjukkan adanya gejala-gejala COVID-19. Selain menghindari seks, ia juga mengatakan orang-orang saat ini harus membatasi konsumsi alkohol zat lainnya.

Agar hubungan seks di tengah pandemi bisa berjalan dengan aman, Tam menegaskan untuk selalu menggunakan kondom. Tindakan seperti ini bisa menekan risiko penularan dan tetap bisa menjaga keintiman pasangan saat bercinta.

"Dengan mengambil tindakan pencegahan ini, dan tetap sadar akan risiko yang kami asumsikan, masyarakat Kanada masih tetap bisa menikmati keintiman fisik dan menjaga penyebaran COVID-19," pungkasnya.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)